Cara Membuat Bantal Stensil

Cara Membuat Bantal Stensil
Pada pembahasan kali ini kami akan mencoba memberikan tutorial bagaimana cara membuat bantal stensil sendiri dengan cara yang praktis dan mudah, simak penjelasan berikut ini. Linen dapat memberi kesan cantik pada bantal anda, dengan stensil bentuk apapun yang anda inginkan kemudian ditempelkan pada linen dan diberi warna sesuai pola. barulah hasil potongan tersebut ditempelkan pada bantal yang dapat mempercantik bantal anda. Anda dapat mengkreasikan berbagai macam bentuk pada bantal hingga terlihat makin meriah dan cantik. Ataupun anda dapat membuat sarung bantal yang simpel tanpa kancing maupun resleting dengan berbagai kreasi tempelan pola yang telah di buat. Berikut ini adalah cara bagaimana membuat motif burung pada bantal, cara simpel ini dapat diaplikasikan sesuai dengan gaya dan selera masing-masing.

Alat yang dibutuhkan:
  • Meteran dan penggaris besi panjang
  • Penggaris siku
  • Pensil atau kapur jahit
  • Linen
  • Sarung Bantal
  • Gunting, kertas, dan pin (jarum pentul)
  • Belacu / Muslin
  • Karton untuk stensil
  • Cutter
  • Cat kain acrylic dan kuas stensil
  • Piring dan selembar kertas
  • Pita dan kancing
  • Mesin jahit
  • Jarum dan benang jahit

Ikuti langkah-langkah berikut:
Cara Membuat Bantal Stensil 1

1. Tandai pada linen berbentuk persegi panjang dua kali panjang bentuk bantal ditambah 4in (10cm), dan lebar ditambah 1 1/4in (3cm). Potong kain tepat pada garis yang telah dibuat sehingga dapat berjumbai. Buat rumbaian keempat sisi linen sehingga benang terurai pada bagian tepi dengan menggunakan pin dan rumbaian linen pun terluhat cantik. Potong persegi panjang kain muslin (belacu) untuk panel distensil dengan keempat tepi  berjumbai.
Cara Membuat Bantal Stensil 2
2. Ambil gambar apapun sesuai keinginan Anda, tempelkan pada kertas karton dan potong dengan cutter gambar tersebut hingga membentuk pola berlubang pada karton.


Cara Membuat Bantal Stensil 3
3. Tuangkan cat secukupnya diatas piring, ambil kuas dan oleskan pada cat hingga terlumuri cat secara merata. Letakkan stensil diatas kain belacu yang telah dipotong, kemudian oleskan kuas diatas selembar kertas untuk menguji warna apakah sudah sesuai. Tekan stensil diatas kain belacu dan pastikan tidak bergeser, kemudian oleskan cat dengan kuas pada pola secara merata. Agar hasilnya bagus jangan langsung mengangkat stensil dari kain, diamkan sebentar dan angkat dengan hati-hati agar bagian tepi gambar terlihat rapi seperti hasil print out.
Cara Membuat Bantal Stensil 4
4. Ketika cat sudah benar-benar kering, tempatkan gambar yang telah dibuat pada linen yang telah disiapkan. Cara termudah untuk untuk menempatkan gambar pada posisi yang tepat adalah lingkupkan linen pada bantal untuk sementara, baru kemudian letakkan gambar diatas linen dan kaitkan dengan pin (jarum pentul). Ambil pita dan potong sesuai panjang linen, tempelkan dibawah gambar secara lurus kemudian kaitkan pada linen dengan pin (jarum pentul).Kemudian jahit tepian gambar dan pita dengan linen hingga terlihat rapi.

Cara Membuat Bantal Stensil 5
5. Lipat linen menjadi dua bagian sama panjang dengan posisi gambar ada di bagian dalam kemudian kaitkan pada sisi kanan dan kiri linen dengan pin (jarum pentul) beri jarak 5/8in (1,5cm) sehingga memungkinkan untuk menjahit. Jahit kedua sisi kanan dan kiri kain sehingga membentuk sarung bantal, kemudian rapikan pada sisi atas atau bagian lubang sarung bantal dengan menjahit pada bagian tepiannya. Setelah itu balik sarung bantal dengan gambar ada pada bagian luar, dan jadilah sarung bantal cantik yang siap digunakan. Demikian tadi tip's dan trik dari M+Studio mengenai cara membuat bantal stensil, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Bantal Stensil"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *