10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang

10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang
Hunian atau rumah tak cukup hanya indah saja, namun juga harus nyaman dan menenangkan. Untuk menciptakan ketenangan dalam rumah, banyak orang menerapkan berbagai macam konsep  yang dirasa dapat menciptakan suasana tenang dalam rumah. Dan salah satu prinsip yang cukup populer saat ini adalah "zen" yang dalam bahasa jepang berarti meditasi. Dalam desain interior zen mengacu pada keseimbangan, harmoni dan relaksasi. Walaupun sebenarnya zen bukanlah sebuah gaya desain dan tidak memiliki aturan yang baku. Seringkali zen diartikan dengan minimalis, kesederhanaan dan kemurnian garis. Jika Anda adalah salah satu orang yang banyak disibukkan dengan rutinitas sehari-hari yang rumit dan melelahkan sehingga sangat membutuhkan ketenangan dalam rumah Anda. Berikut ini adalah 10 langkah menciptakan rumah bernuansa jepang yang menenangkan:
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 1
1. Memunculkan warna-warna tanah
Sebuah desain yang terinspirasi oleh zen akan memunculkan warna-warna alami dalam nada lembut seperti putih, abu-abu, warna krem atau pink krem, yang memiliki kekuatan untuk menginduksi rasa relaksasi dan ketenangan. Chromatic harmoni antara berbagai elemen yang sangat penting serta kontinuitas visual antara dinding furniture dan lantai.

Dalam hal menambah kontur pada ruang monokrom, Anda dapat memilih untuk menggabungkan warna dominan dengan benda-benda yang serasi dan kain bertekstur seperti putih dengan moleskin atau krem dengan rosewood. Untuk menciptakan keragaman, dapat dengan menggabungkan dua warna yang serasi ataupun bermain dengan gradasi warna favorit Anda.
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 2
2. Memberi sentuhan Lembut Pada Lantai
Parket menjadi pilihan tepat sebagai salah satu lantai kayu yang memiliki beragam warna seperti putih, abu-abu, coklat ataupun warna terang lainnya yang dapat disesuaikan dengan warna ruangan secara keseluruhan. Dengan finishing resin pada lantai akan memberikan kesan modern. Sedangkan karpet wol dapat menciptakan suasana nyaman dalam ruangan walupun membutuhkan perawatan lebih. Namun yang perlu diperhatikan adalah warna karpet harus disesuaikan dengan warna lantai atau pada kisaran seperti moleskin, khaki dan abu-abu.
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 3
3. Pilih Bahan Yang Ringan dan Natural
Pemilihan bahan kain pada tirai harus tetap berpegang pada aturan yang sama yaitu, natural, ringan dan nyaman. Salah satu elemen penting dari dekorasi zen ruangan adalah tirai yang memberikan sensasi keintiman serta dapat mengurangi kebisingan dan memblok hembusan angin. Berikan perhatian khusus dengan sentuhan natural pada kain seperti linen, wol sehingga serasi dengan ruagan secara keseluruhan. Untuk menciptakan suasana yang lebih beragam, padukan tirai dengan rangka berwarna lain yang lebih cerah.
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 4
4. Bermain Dengan Cahaya Lembut dan Alami
Untuk menciptakan ruangan dengan suasana santai, ganti lampu neon terang dengan cahaya yang lebih menenangkan. Tempatkan sumber cahaya dengan intensitas yang berbeda sehingga dapat mengontrol intensitas cahaya pada lokasi yang ingin ditonjolkan. Hindari memproyeksikan cahaya secara langsung dengan intensitas tinggi dari langit-langit agar memungkinkan dipadukan dengan pencahayaan lampu lantai, lampu set dan pencahayaan tidak langsung lainya. Untuk area tempat tidur, lampu yang menempel pada dinding terlihat sangat praktis karena dapat berorientasi untuk menekankan area tertentu. tidak seperti lampu samping tempat tidur yang kurang fleksibel.
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 5
5. Pilih Furniture Yang Simple dan Natural
Furniture bergaya zen ditandai dengan garis-garis sederhana dan jelas, hindari detail yang rumit dan ornamen berlebihan. Furniture yang berkualitas dengan desain simpel serta warna-warna soft akan memberikan kesan hangat dan menenangkan.
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 6
6. Meminimalisir Ornamen dan Dekorasi
Dalam hal dekorasi dinding usahakan sesimpel mungkin. Hindari koleksi lukisan atau foto kecuali yang benar-benar spesial bagi Anda. Untuk menciptakan kesan menyenangkan dan harmonis sepenuhnya pada perpustakaan, Beri sampul semua buku dengan kertas monokrom.
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 7
7. Beri Sentuhan Aroma Natural Pada Ruangan
Sprai linen buatan sendiri, lilin aroma terapi dan minyak esensial adalah cara-cara alami untuk meningkatkan aroma segar pada ruangan. Yang dapat menenangkan pada saat tidur sekaligus dapat menyegarkan ketika bangun tidur.
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 8
8. Hilangkan Gangguan Elektronik
Hindari perangkat elektronik yang sering menjadi sumber gangguan yang tidak mencerminkan kesan zen pada ruangan. Namun jika Anda menginginkan tv pada kamar tidur misalnya, pastikan Anda menempatkannya pada sudut ruangan atau menyembunyikannya dalam almari atau buffet. Selain itu pastikan juga Anda menyembunyikan sebua kabel-kabel yang dapat merusak suasana tenang dalam ruangan.
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 9
9. Menghadirkan Ketenangan dengan Tanaman Hijau
Tanaman memiliki efek menenangkan melalui warna hijaunya yang sekaligus menghasilkan oksigen. Namun, hindari bunga yang memerlukan perawatan khusus atau mungkin menghasilkan aroma yang mengganggu. Pohon Bonsai atau terrariums gantung misalnya, adalah pilihan yang baik dan sering dimasukkan dalam dekorasi zen.
10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang 10
10. Menghilangkan kekacauan
Meminimalisir berbagai aksesoris atau bahkan menghilangkannya sama sekali, karena kekacauan dapat menghambat relaksasi. Bersihkan ruangan dari item sebanyak mungkin dan tinggalkan yang benar-benar penting, sehingga tetap merasa bebas untuk menambahkan apa pun yang mungkin dapat menambah kenyamanan.

0 Response to "10 Langkah Menciptakan Rumah Bernuansa Jepang"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *