Membuat Kolam Ikan Koi

Ikan Koi merupakan salah satu primadona ikan hias di kalangan masyarakat indonesia. Selain warnanya yang cantik, ikan koi juga dipercaya sebagai pembawa hoki. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin memelihara ikan koi di taman rumahnya.

Untuk membuat kolam koi yang baik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti sirkulasi udara pada kolam serta sistem biotik dalam kolam supaya ikan koi dapat hidup nyaman dikolam tersebut. Kolam koi bisa dibuat seluruhnya di bawah permukaan tanah, di atas permukaan tanah, atau kombinasi (sebagian didalam tanah dan sebagian diatas tanah). Dan untuk menghasilkan kolam koi yang baik segaligus dapat mempercantik tumah Anda, berikut ini langkah-langkahnya:

Membuat Kolam Ikan Koi
1. Pilih Lokasi
Pilih lokasi yang tepat sehingga nantinya terlihat matching dengan bentukan taman rumah Anda. Tapi ingat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain tidak berdekatan dengan pepohonan yang memiliki daun gugur, karena akan berpengaruh terhadap intensitas pembersihan kolam. Sebaiknya kolam tidak berada di bawah teritisan, karena akan mempengaruhi keasaman dari sebuah kolam yang akan berpengaruh terhadap kesehatan ikan.

Membuat Kolam Ikan Koi 1
2. Tentukan Ukuran dan Bentuk
Untuk ukuran kolam koi dapat disesuaikan dengan ketersediaan lahan serta jumlah ikan koi yang ingin dipelihara. Tapi ingat untuk kedalamannya sebaiknya antara satu setengah hingga dua meter. Sedangkan untuk bentuknya bisa disesuaikan dengan konsep taman rumah Anda. Yang harus di ingat, hindari bentukan dengan lekukan-lekukan tajam sehingga menciptakan area mati yang menyebabkan sirkulasi air tidak lancar.

Membuat Kolam Ikan Koi 2
3. Memilih Material
Untuk material dinding kolam sebaiknya dipilih yang berwarna gelap agar keindahan koi lebih terekspos. Sedangkan pada bagian dasar kolam jangan dibuat licin karena akan menyulitkan lumut tumbuh oleh sebab itu pilih material pelapis yang bertekstur dengan warna gelap tentunya. Ataupun kita bisa melapisi semen (mengaci) agak kasar.

0 Response to "Membuat Kolam Ikan Koi"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *