Memoles Cat Dinding Yang Mengelupas

Cat dinding rumah yang mengelupas bisa saja diakibatkan berbagai macam sebab. Namun yang sering terjadi adalah karena umur cat yang sudah lama dan mengapur sehingga daya rekatnya berkurang. Terkadang terjadi kesalahan ketika pengecatan ulang dengan bahan lain yang berdampak pada lapisan cat tidak dapat saling merekat. Tembok yang kurang bersih juga dapat menjadi penyebab cat dinding mengelupas.
Memoles Cat Dinding Yang Mengelupas
Mungkin Anda berpikir, bisakah cat lama dilabur ulang dengan cat baru? Anda dapat melakukan tes sederhana dengan menyiram air bersih ke dinding. Apabila air terserap disertai perubahan warna, berarti cat lama tidak layak ditimpa. Terlebih lagi jika ada beberapa bagian cat menggelembung bahkan mengelupas. Tak ada cara lain selain memperbaikinya. Berikut tips bagaimana memoles cat dinding rumah yang mengelupas:

1. Bersihkan dinding dari cat lama yang sudah rusak dengan cara mengupasnya. Anda dapat menggunakan solvent pengupas cat dibantu scrapper. Solvent ini akan menguap dan tidak tersisa di pon-pori dinding. Hindari menggunakan bahan cairan kimia paint remover sebab jika tersisa dalam pori-pori dinding dapat menimbulkan bercak-bercak hitam pada cat.

2. Ampelas sisa cat lama yang masih tertinggal di dinding, pastikan tak ada lagi sisa cat yang masih menempel. Setelah itu siram permukaan dinding dengan air bersih kemudian diamkan sampai benar-benar kering kurang lebih 1-2 hari. Hal ini untuk memastikan tak ada lagi kadar air di dalam dinding sehingga kualitas pengecatan akan maksimal.

3. Aplikasikan cat dasar. Anda dapat menggunakan cat dasar alkali resisting Primer tanpa pengenceran, 1 lapis saja. Biarkan kering minimal 2 jam. Cat dasar berfungsi untuk memaksimalkan daya rekat cat. Karena kekentalannya rendah, ia dapat menyerap ke pori-pori tembok meski tanpa diencerkan. Fungsi lainnya adalah menahan serangan alkali yang keluar dari dalam tembok. Penyebabnya adalah air yang melarutkan alkali semen pembentuk tembok pasangan bata, plesteran, maupun acian. Air bisa berasal dari sisa saat pembuatan tembok baru.

4. Aplikasikan cat finishing. Jenis cat tembok apapun bisa, sesuai dengan selera Anda. Yang perlu di ingat adalah pengenceran cat tersebut sesuai aturan yaitu antara 10-20%. Lakukan pengecatan 2-3 lapis, dengan selang waktu pengecatan minimal 2 jam hingga lapisan cat sebelumnya kering.

0 Response to "Memoles Cat Dinding Yang Mengelupas"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *