Merawat Rumah Ketika Hujan

Merawat Rumah Ketika Hujan
Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan mengenai kondisi rumah ketika musim penghujan datang. Diantaranya atap, dinding, sistem drainase, jaringan kabel serta taman atau pohon yang ada disekitar rumah. Jika ada waktu luang, tak ada salahnya kita periksa bagian-bagian rumah yang rentan terhadap air hujan tersebut. Berikut ini beberapa tips merawat rumah ketika musim penghujan tiba:

Periksa bagian atap rumah Anda
  1. Untuk atap genteng, pastikan tidak ada genteng yang merosot ataupun pecah. Jika ada segera ganti atau benahi. 
  2. Untuk atap beton, silahkan di cek apakah ada retak pada beton. Jika ada retak rambut bisa ditambal dengan menggunakan kawat kasa dan waterproof, untuk retak yang lebih besar bisa ditambal dengan cara dibobok dan diplester kembali. 
  3. Untuk atap asbes, cek bagian paku atau baut pada asbes yang memang rawan bocor. Jika ada kebocoran bisa ditambal dengan menggunakan kawat kasa dan waterproof. 
  4. Jangan lupa juga cek bagian talang, kerpusan atau bubungan dan pastikan tidak ada kebocoran ataupun masalah lainnya.

Dinding rumah yang terkena air hujan secara langsung
  1. Lapisi dinding luar dengan cat yang tahan terhadap perubahan cuaca. 
  2. Apabila terdapat retakan pada dinding luar, tambal dengan cara dibobok kemudian diplester dan di beri lapisan waterproofing.

Bersihkan saluran drainase rumah
Pastikan saluran drainase rumah bersih dari sampah dan kotoran, pada pertemuan saluran drainase rumah dengan roil kota sebaiknya dibuat bak kontrol untuk mengecek kondisi apabila terjadi penyumbatan.

Jaringan Kabel
Cek kabel-kabel yang bersentuhan langsung dengan air hujan, seperti lampu taman. Pastikan tidak ada bagian yang terbuka atau terkelupas.

Taman dan pohon disekitar rumah
Lakukan pemangkasan secara rutin terhadap pohon yang sudah terlalu rimbun. Untuk menghindari pohon roboh ketika musim hujan akibat angin kencang. Selain itu untuk menjaga kebersihan dan keindahan taman rumah.

0 Response to "Merawat Rumah Ketika Hujan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *