Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari

Bosan melihat dinding ruangan Anda terlihat kosong dan polos gitu-gitu aja. Mau pasang aksesoris, tapi bingung harus pasang apa? Pengennya sih pasang hiasan dinding hasil kreasi sendiri yang unik dan lebih bersifat personal. Tenang saja, apa yang Anda inginkan akan kami ulas pada artikel kali ini. Karena kali ini M+Studio akan membahas bagaimana membuat hiasan dinding motif sidik jari.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
Sebelum beranjak ke langkah selanjutnya, sebaiknya kita siapkan terlebih dahulu alat serta bahan yang dibutuhkan dalam pembuatannya. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
1. Kertas A4
2. Selotip bening
3. Pensil 2B/3B/4B
4. Scanner
5. Frame/bingkai
6. Cutter/gunting
7. Penggaris
8. Printer
9. Komputer
10. Software photoshop
Jika alat dan bahan yang tertera diatas sudah siap, marilah kita lanjut ke tahap selanjutnya. Ikuti langkah-langkah membuat hiasan dinding motif sidik jari berikut ini dengan seksama:
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
1. Gosokkan Pensil pada selembar kertas seperti pada gambar diatas. Kemudian gosokkan salah satu jari yang ingin di ambil sidik jarinya, sampai serbuk grafit menempel merata diatas jari Anda.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
2. Setelah serbuk grafit menempel merata diatas jari, kemudian ambil selotip dan tempelkan jari Anda secara perlahan pada selotip tersebut. Lepas selotip dari jari Anda secara perlahan kemudian tempelkan pada selembar kertas putih.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
3. Langkah selanjutnya, scan kertas yang telah ditempeli selotip dengan sidik jari Anda tersebut.
4. Setelah hasil scan jadi, buka file hasil scan tersebut dengan program photosop. Pada tutorial kali ini majalah desain rumah menggunakan Photoshop CS4, Anda bisa juga menggunakan Photoshop seri lainya karena pada dasarnya sama saja.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
5. Crop/potong bagian sidik jari yang kita butuhkan dengan program photoshop seperti yang terlihat pada gambar nomor 1 dan 2 diatas.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
6. Setelah dicrop masuk tahap selanjutnya yaitu pengeditan. Tekan menu "image" pada photoshop kemudian pilih "auto contrast" seperti pada gambar nomor 3 diatas, maka akan di dapat hasil seperti pada gambar nomor 4.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
7. Langkah selanjutnya kita edit warna dari sidik jari yang masih terlihat agak kecoklatan. Dengan cara menekan tombol "menu" kemudian pilih "auto color" seperti yang terlihat pada gambar nomor 5. Maka akan didapatkan hasil seperti pada gambar nomor 6.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
8. Lanjut ke langkah berikutnya, yaitu pengeditan ukuran gambar sidik jari tersebut. Dengan cara menekan menu "image" kemudian pilih "image size" seperti yang terlihat pada gambar nomor 7 di atas. Kemudian masukkan nilai pada ukuran width gambar tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan lalu tekan ok, seperti yang terlihat pada gambar nomor 8 diatas. Maka akan didapatkan gambar yang sesuai dengan ukuran yang Anda masukkan, seperti yang terlihat pada gambar 9. (Sesuaikan ukuran gambar dengan ukuran frame yang Anda gunakan).
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
9. Langkah selanjutnya kita siapkan template untuk mencetak gambar tersebut pada selembar kertas. Tekan menu "file" kemudian pilih "new" seperti yang terlihat pada gambar nomor 10 diatas. Kemudian akan menu seperti pada gambar nomor 11 diatas, beri judul pada menu "name" sesuai keinginan Anda, pilih international paper pada menu "preset" kemudian pilih A4 pada menu "size". Maka sudah jadi template dengan ukuran kertas A4 seperti yang terlihat pada gambar nomor 12.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
10. Selanjutnya kita akan memindahkan gambar sidik jari tersebut pada template yang telah dibuat. Dengan cara menekan menu "Rectangular Marquee Tool" kemudian blok gambar sidik jari tersebut, setelah itu tekan menu "Move Tool" dan select gambar sidik jari tersebut lalu seret gambar menuju template yang telah kita buat tadi. Maka gambar sidik jari tersebut telah berpindah ke template yang telah kita buat. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar nomor 13, 14 dan 15 diatas.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
11. Gambar Sidik jari memang sudah berada pada template yang kita buat, namun masih ada bekas pengeditan sebelumnya. Untuk itu perlu kita bersihkan dengan cara menekan menu "Magic Wand Tool" dan select pada area yang ingin kita bersihkan lalu tekan tombol "CTRL + X" maka noda hitam disekitar gambar sidik jari pun telah bersih. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar nomor 6, 17 dan 18 diatas.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
12. Pengeditan gambar pun telah selesai, saatnya kita cetak gambar sidik jari tersebut pada selembar kertas.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
13. Setelah di cetak, langkah selanjutnya tebali garis-garis sidik jari tersebut mengggunakan spidol sehingga garis-garisnya terlihat lebih jelas. Lakukan langkah ini sampai merata pada seluruh bagian gambar, yang jadi pertanyaan adalah gambarnya kok terlihat jelek dan kurang rapi begini ya? Cobalah balik kertas tersebut, maka akan di dapat gambar sidik jari yang lebih rapi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
14. Langkah terakhir potong kertas gambar sidik jari tersebut sesuai dengan ukuran frame/bingkai yang Anda gunakan. Dan gambar pun telah siap di bingkai. Jadilah sudah hiasan dinding motif sidik jari ala majalah desain rumah.
Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari
Demikian tadi tutorial membuat hiasan dinding motif sidik jari yang dapat M+Studio berikan. Kami telah berusaha untuk membuat tutorial ini sejelas mungkin yang kami bisa, sehingga kita semua dapat mempraktekaanya dirumah dengan mudah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Membuat Hiasan Dinding Motif Sidik Jari"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *