Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas

Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas
Kali ini M+Studio akan memeberikan tutorial bagaimana mengolah sampah menjadi barang baru yang unik dan menarik. Dan sampah yang akan kita olah pada tutorial ini adalah kertas kardus bekas. Ternyata jika kita mau sedikit usaha dan kreatif kardus bekas pun dapat diolah menjadi suatu barang yang cantik dan bermanfaat. Dan kita akan membuat barang tersebut bersama-sama, karena pada kesempatan ini majalah desain rumah akan membahas bagaimana cara membuat lampu gantung dari kardus bekas. Untuk itu, marilah kita siapkan alat serta bahannya terlebih dahulu. Yang perlu Anda siapkan adalah:
1. Kardus bekas
2. Penggaris
3. Pensil
4. Cutter
5. Cat semprot
6. Lem tembak
7. Kabel
8. Fitting
9. Lampu
Setelah alat dan bahan untuk membuat lampu gantung dari kardus bekas disiapkan. Kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu bagaimana langkah-langkah pembuatannya:
1. Siapkan kardus bekas, tandai dengan pensil membentuk bidang persegi panjang. Dengan panjang 60cm dan lebar 21cm kemudian potong (untuk ukuran panjang dan lebar potongan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan).
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 1
2. Langkah selanjutnya warnai salah satu sisi dari potongan kardus tersebut dengan cat semprot. Pilih warna cat sesuai dengan selera Anda, lalu diamkan sampai cat benar-benar kering.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 2
3. Tandai sisi panjang kardu yang tidak dicat menjadi lima bagian sama panjang, kemudian garis dengan cutter tapi ingat jangan sampai terpotong kardusnya. Hal ini bertujuan agar kardus dapat dilipat menjadi bentuk segilima sama sisi seperti yang terlihat pada gambar diatas.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 3
4. Bentangkan kembali kardus dari lipatan segilima kemudian potong memanjang kardus menjadi tujuh bagian dengan masing-masing bagian memiliki ukuran panjang 60cm dan lebar 3cm.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 4
5. Setelah diperoleh potongan kecil-kecil, hubungkan antar ujung potongan tersebut sehingga membentuk segilima dengan sisi yang di cat berada pada posisi bagian dalam. sampai ujung ketujuh potongan tersebut terhubung semuanya. Kemudian susun ketujuhnya seperti yang terlihat pada gambar diatas. Ini nanti akan kita gunakan sebagai frame/bingkai dari lampu gantung.
6. Selanjutnya kita siapkan untuk membuat bagian atas dari kap lampu tersebut. Potong kardus dengan bentuk segilima sama sisi dengan panjang sisi-sisinya 12cm, sesuai dengan ukuran potongan frame yang telah kita buat. Supaya mudah kita jiplak ukuran frame segilima sama sisi yang telah dibuat sebelumnya diatas kardus kemudian tinggal dipotong menggunakan cutter.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 5
7. Buat lubang ditengah-tengah bagian atas dari kap lampu yang telah kita buat sebelumnya sehingga ujung lampu dapat masuk ke fitting kemudian lem fitting dengan kardus tersebut.
8. Tinggal kita pasang frame yang telah dibuat dengan atasannya, dan rekatkan dengan lem tembak sehingga terbentuk lampu gantung yang cantik seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 6
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 7
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 8
Demikian tadi penjelasan panjang lebar dari M+Studio tentang bagaimna membuat lampu gantung dari kardus bekas. Kurang lebihnya minta maaf, semoga dapat menginspirasi kita semua, selamat mencoba dan terima kasih.

7 Responses to "Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas"

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *