Rumah Kaca

Sebuah rumah kaca yang unik berdiri diantara gedung-gedung tinggi di Kota Hiroshima Jepang. Rumah yang diberi julukan "Glass House Optical" ini merupakan hasil rancangan dari studio arsitektur yang berbasis di Tokyo yaitu studio Hiroshi Nakamura & NAP. Fasad rumah yang di dominasi oleh kaca ini, tersusun dari 6000 tumpukan blok kaca. Dan dibalik tumpukan kaca tersebut terlihat pepohonan yang sedikit kabur akibat efek dari blok kaca tersebut.

Rumah kaca ini dibangun di atas lahan yang terletak di area pusat perkotaan diantara gedung-gedung tinggi dan tepat di sebelah jalur utama kota yang ramai dengan lalu lintas kendaraan. Oleh karena itu diperlukan perlakuan khusus terhadap desain rumah ini agar privasi dan ketenangan penghuni tetap terjaga. Untuk itulah dirancang suatu fasad dengan optical glass dengan tambahan taman didalamnya. Sehingga kebisingan dari luar rumah dapat diredam, sekaligus tidak menghalangi view dari dalam rumah ke area jalan raya dengan lalu lintas kendaraannya.

Selain itu, fasad kaca ini juga berfungsi sebagai pembias sinar matahari pagi sehingga terciptalah pola-pola berkas cahaya yang indah. Pada area transisi antara eksterior dan interior, ruang masuk diterangi cahaya yang telah tersaring oleh langit-langit. Bayangan dari daun pohon-pohon di taman serta dua lapisan kaca menciptakan suasana yang lebih hidup didalamnya. Masuk ke dalam rumah, ruangan yang akan Anda jumpai pertama adalah ruang tamu dengan dinding optical glass pada bagian belakangnya, baru kemudian terlihat ruang makan sebelum akhirnya menuju ke ruang utama rumah yang terhubung dengan taman. Area taman yang tenang dihiasi oleh hijaunya pohon maple, holly dan cemara serta fasad kaca layaknya sebuah kaleidoskop.
 
Rumah Kaca
Rumah Kaca 1
Rumah Kaca 2
Rumah Kaca 3
Rumah Kaca 4
Rumah Kaca 5
Rumah Kaca 6
Rumah Kaca 7
Rumah Kaca 8
Rumah Kaca 9
Rumah Kaca 10
Rumah Kaca 11
Rumah Kaca 12
Rumah Kaca 13
Rumah Kaca 14
Rumah Kaca 15
Rumah Kaca 16
Rumah Kaca 17

0 Response to "Rumah Kaca"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *