Rumah Yin-Yang

Sebuah rumah dengan desain yang unik berdiri ditengah-tengah lingkungan Venesia, California. Rumah yang dibangun dengan konsep yin-yang, yang dimaksud yin-yang disini adalah keseimbangan atara performa dan estetika rumah. Seperti apa yang diharapkan sang pemilik yang menginginkan sebuah hunian yang mampu menciptakan keselarasan antara fungsi dan keindahan sehingga tercipta ketenangan dan kenyaman bagi seluruh anggota keluarga yang tinggal didalamnya. Dirancang oleh para arsitek dari brook+scarpa, rumah berdiri diatas lahan memanjang kebelakang dengan luas kurang lebih 1.400 m² dimana rumah dibangun berada ditengah-tengah lahan dengan dikelilingi halaman dan ruang outdoor lainnya yang terintegrasi dengan interior rumah.

Desain fasad rumah yang menghadap langsung ke jalan terlihat masif dan tertutup dengan pintu utama dari baja yang akan menyapa kita ketika akan masuk kedalam rumah ini. Namun dibalik itu semua terdapat sebuah halaman yang menunjukkan interkoneksi ruang indoor-outdoor rumah secara apik. Dari halaman terbuka ini dapat terlihat ruangan-ruangan sekelilingnya yang dihubungkan secara visual dengan dinding kaca yang membentang selebar kurang lebih 15m. Jadi anak-anak dapat bermain secara bebas diluar sementara orang tua masih tetap dapat mengawasi dari dalam rumah.

Karena memang rumah ini dibangun dengan lebih menekankan pada ruang-ruang sosial seperti apa yang diinginkan oleh sang pemilik dengan tujuan untuk menciptakan keharmonisan keluarga didalamnya. Makanya tidaklah heran jika desain ruang tidurnya terlihat sederhana dalam hal skala dan detail. Karena porsi ruang tidur adalah sebagai ruang sekunder. Dan lebih mementingkan ruang-ruang seperi ruang makan, halaman, dapur, ruang tamu dan outdoor space.

Satu hal yang menjadi keunggulan rumah ini adalah keberhasilannya dalam mengkolaborasikan pemakaian material daur ulang dengan pemakaian energi alternatif untuk menciptakan keindahan yang alami dan ramah lingkungan. Seperti menerapkan green roof yang tak hanya mempercantik rumah namun juga sekaligus dapat mencegah panas matahari masuk kedalam ruangan dibawahnya. Panel-panel surya tersusun rapi menaungi selasar yang berfungsi sebagai peneduh sekaligus pensuplai kebutuhan energi rumah. Material daur ulang juga digunakan dalam rumah ini, mulai dari bambu pada interior rumah, batu komposit, ubin yang dipakai pun merupakan material hasil daur ulang.
Rumah Yin-Yang
Rumah Yin-Yang 1
Rumah Yin-Yang 2
Rumah Yin-Yang 3
Rumah Yin-Yang 4
Rumah Yin-Yang 5
Rumah Yin-Yang 6
Rumah Yin-Yang 7
Rumah Yin-Yang 8
Rumah Yin-Yang 9
Rumah Yin-Yang 10
Rumah Yin-Yang 11

0 Response to "Rumah Yin-Yang"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *