Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading

Di iklim tropis seperti Indonesia ini, matahari terus bersinar sepanjang hari mulai dari pagi hingga sore hari. Sinar matahari yang melimpah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Bagi sebuah rumah misalya, sinar matahari dapat dijadikan sebagai pencahayaan alami maupun sumber energi alternatif. Walaupun terkadang juga sedikit "menggangu" kenyamanan kita dalam beraktivitas didalam rumah dengan kesilauan dan panas yang dihasilkan. Oleh sebab itu dibutuhkan sedikit penyesuaian didalam desain rumah tersebut. Salah satunya dengan membuat sun shading pada area yang terpapar sinar matahari secara langsung. Sehingga kita bisa mengatur sampai seberapa jauh sinar matahari dapat masuk kedalam ruangan rumah. Bukan berarti menghalau sinar matahari secara total, karena kita tahu bahwa sinar matahari pagi sangatlah baik bagi kesehatan.

Dengan menyesuaikan sudut kemiringan sun shading dengan sudut datang matahari maka kita bisa mengatur sampai seberapa sinar matahari dapat masuk secara langsung kedalam ruangan. Seperti halnya rumah berikut ini yang memanfaatkan tanaman rambat sebagai sun shading. Rumah dengan desain modern hasil rancangan dari arsitek asal jepang Hideo Kumaki ini menerapkan sun shading dari tanaman rambat sebagai salah satu respon terhadap cuaca di Kota Saitama Jepang.

Sun shading dari tanaman rambat seperti ini akan memberikan dua manfaat langsung terhadap suatu hunian. Yang pertama sebagai penyaring silaunya sinar matahari yang masuk kedalam ruangan rumah. Kedua, sebagai taman vertikal yang sekaligus dapat meredam panas sinar matahari. Jadi tak hanya cantik secara tampilan namun juga fungsional, rumah pun terlihat lebih hijau dan natural.
Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading
Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading 1
Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading 2
Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading 3
Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading 4
Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading 5
Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading 6
Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading 7

2 Responses to "Memanfaatkan Tanaman Rambat Sebagai Sun Shading"

  1. cakep..idenya..mantabs...

    limasan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Mantabs idenya....sip...go greenn..

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *