Rumah Kontainer

Akhir-akhir ini masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Makanya tak heran jika sekarang banyak upaya untuk mengolah kembali sampah dan barang-barang bekas menjadi produk baru yang ramah lingkungan. Tak terkecuali dalam hal membangun rumah, kini banyak yang memanfaatkan kayu bekas untuk material bangunan rumah baru. Namun bukan itu pokok pembahasan kita kali ini, yang akan M+Studio bahas kali ini adalah pemanfaatan kembali box kontainer bekas menjadi sebuah hunian atau sering disebut rumah kontainer.

Bisa dibayangkan jika box kontainer dengan ukuran yang besar seperti itu menjadi sampah. Selain pengolahannya membutuhkan proses yang cukup panjang, untuk menampungnya pun membutuhkan tempat yang luas. Jadi sudah tepat jika box-box kontainer bekas tersebut dimanfaatkan kembali menjadi sebuah rumah. Dengan begitu, pembangunan rumah pun menjadi lebih praktis dan efisien. Karena untuk membangun sebuah rumah berukuran kecil cukup dengan 2 atau 3 box kontainer saja. Proses pembangunannya pun relatif cepat, box kontainer tinggal disekat sesuai kebutuhan dan diberi lubang untuk pintu serta jendela. Sebagai gambaran mari kita disimak dua contoh rumah kontainer dengan tampilan eye catching dibawah ini:

Rumah Kontainer
Rumah Kontainer 1

Rumah Kontainer 2

Rumah Kontainer 3

Rumah Kontainer 4

Rumah Kontainer 5

Rumah Kontainer 6

Rumah Kontainer 7

Rumah Kontainer 8

Rumah Kontainer 9

Rumah Kontainer 10

Rumah Kontainer 11

Rumah Kontainer 12

Rumah Kontainer 13
Rumah Kontainer 14

Rumah Kontainer 15

Rumah Kontainer 16

Rumah Kontainer 17

Rumah Kontainer 18

Rumah Kontainer 19

Rumah Kontainer 20

Rumah Kontainer 21

Rumah Kontainer 22

Rumah Kontainer 23

Rumah Kontainer 24

Rumah Kontainer 25

Rumah Kontainer 26
Rumah Kontainer 27

Foto-foto diatas adalah contoh rumah kontainer yang ada di luar negeri. Rasanya belum lengkap jika tidak melihat negeri sendiri Indonesia tercinta ini. Karena di Indonesia pun ada bangunan dari box kontainer, namun bedanya ini bukan dijadikan rumah melainkan perpustakaan dan poligigi. Namanya "Amin" terletak di Kota Batu Jawa Timur tepatnya di jalan raya Sultan Agung dekat dengan Jatim Park 1. Berikut ini perincian lokasinya: jika Anda berkunjung ke Kota Malang dari arah Solo-Jogja (dengan bis umum), lewatlah jalur dari Jombang bukan dari surabaya. Maka Anda akan melewati perpustakaan ini yang berada di sebelah kanan jalan kalau dari arah Jombang ke Malang. Tepatnya setelah lampu merah "TMP" (taman makam pahlawan batu) belok kanan kemudian lurus terus sampai ada perempatan belok kiri dan Anda pun telah berada di jalan raya Sultan Agung. Ciri-ciri jalannya besar dua jalur ditengahnya ada taman hijau.

Rumah Kontainer 28
Rumah Kontainer 29
Rumah Kontainer 30
Rumah Kontainer 31

5 Responses to "Rumah Kontainer"

  1. saya sangat senang sekali dengan tulisan rumah kontainer, ini menambah eaeasan kita dan khususnya sy karena bergerak dijual beli container dan modifikasi container.
    thanks n' regards.

    BalasHapus
  2. bravo my bro. ini sangat inspiratif.
    sy bangga dengan karya tulis anda ini.
    container modifikasi untuk office, portacamp dan toilet.
    ini simple, desain mewah, harga murah kompetitif.
    trims by mujib hp. 085311119711.
    kunjungi blog kami http://www.udcontainer.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Mas, kontainer aman dari petir kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak bisa pastikan aman atau tidak, yang jelas dengan material yg bersifat konduktor, resiko terkena sambaran petir lebih besar, namun bukan berarti berbahaya. Tentunya rumah seperti ini membutuhkan sistem penangkal petir khusus. Kita bisa meminimalisir bahayanya dengan melapisi seluruh bagian interior rumah dengan material yang bersifat isolator.

      Hapus
  4. Menarik nih, belum lihat diperumahan tapi, kalo hujan juga berisik sepertinya

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *