Tips Membeli Rumah

Mengingat pertumbuhan properti di Indonesia yang begitu pesat, khususnya perumahan. Bahkan permintaan pasar akan rumah kian tahun kian meningkat jumlahnya. Terbukti kini tak hanya di daerah perkotaan saja adanya perumahan, daerah pinggiran bahkan pedesaan pun makin menjamur perumahan-perumahan baru bermunculan. Untuk itulah kali ini M+Studio akan memberikan sedikit tips membeli rumah, apa lagi bagi Anda yang baru pertmakali membeli rumah.
Tips Membeli Rumah
Setidaknya ada empat langkah yang dapat kita lakukan ketika hendak membeli rumah baru yaitu:

Pertama, tentukan lokasi rumah yang kita inginkan. Misalkan saja kita ingin rumah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat kerja. Setelah itu kita tinggal cari perumahan baru yang ditawarkan pada area tersebut. Sebaiknya kita survei beberapa tipe perumahan yang ditawarkan pada area tersebut sebagi pembanding. Jangan sampai kita hanya terpaku pada satu perumahan saja yang ujung-ujungnya nanti bisa menimbulkan kekecewaan.

Kedua, lihatlah siapa developer perumahan tersebut. Cari tahu track record developer tersebut, sudah berapa banyak kah perumahan yang mereka kembangkan? terpercaya kah mereka?. Jangan sampai kita tertipu dengan developer abal-abal, dan yang sering terjadi adalah mereka membawa lari uang muka dari para konsumennya. Bukan berarti kita tidak percaya dengan developer baru. Ada kalanya pengembang baru itu lebih menguntungkan bagi kita pihak pembeli. Karena biasanya para pengembang baru akan menawarkan beberapa kemudahan, kelebihan dan pelayanan yang lebih dibanding yang lain. Namun tetap ingat, pastikan mereka dapat dipercaya dan bertanggung jawab.

Ketiga, survei lingkungan perumahan tersebut. Setelah mencari beberapa pilihan perumahan yang ditawarkan oleh developernya masing-masing dan mencari tahu track record para developernya. Sehingga kini kita bisa menentukan perumahan mana yang layak dipilih. Namun jangan lupa pertimbangkan juga faktor lingkungan perumahan tersebut. Kita kan membeli rumah bukan hanya untuk ditinggali satu atau dua tahun, jadi pastikan lingkungannya nyaman untuk Anda dan keluarga. Terutama untuk anak Anda, amankah lingkungan tersebut dan baguskah lingkungan tersebut bagi pertumbuhan sosial anak.

Keempat, menghitung besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Setelah langkah 1, 2 dan 3 dilalui, langkah keempat inilah yang dirasa paling krusial yaitu menyangkut biaya yang harus dikeluarkan. Bagi orang yang sudah memiliki tabungan lebih, biaya bukan masalah. Mereka bisa saja membeli rumah secara kontan. Namun bagi pasangan muda yang belum memiliki cukup tabungan dan hendak membeli rumah pertamanya, anggaran biaya yang harus dikeluarkan ini harus diperhitungkan matang-matang. Oleh karena itu, biasanya para developer pun bekerjasama dengan pihak bank menyediakan KPR yang dapat membatu kita dalam membeli rumah. Namun tetaplah bijak dalam memilih, jika Anda merasa KPR terlalu membebani dan ada cara lain yang lebih baik menurut Anda, kenapa tidak.

0 Response to "Tips Membeli Rumah"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *