Pelapis Atap Seng

Atap seng yang sering digunakan sebagai penutup atap pada bangunan seperti gudang ataupun pabrik ini memang bisa membuat ruangan terasa panas. Sehingga dirasa kurang nyaman untuk diaplikasikan pada atap sebuah rumah. Untuk itulah dibutuhkan peredam panas, sehingga atap seng relatif nyaman untuk digunakan pada atap rumah. Namun pada pembahasan kali ini bukanlah proyek rumah yang kami contohkan, melainkan atap sebuah Club House pada salah satu perumahan di Kota Malang yang M+Studio awasi beberapa waktu lalu.

Pada proyek Club House ini, sebagian atapnya menggunakan penutup berbahan zincalume yang merupakan campuran atara bahan seng dan aluminium. Karena atap zincalume jika diterapkan secara langsung akan menyebabkan ruangan Club House terasa panas, maka dari itu harus dilapisi dengan alluminium foil. Alluminium foil sendiri merupakan salah satu bahan pelapis atap bangunan anti panas yang berfungsi sebagai isolator. Terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air serta freon. Sehingga relatif aman untuk digunakan sebagai pelapis atap seng, yang sekaligus ramah lingkungan. Dan juga membantu menahan dan memantulkan panas sinar matahari masuk kedalam ruangan rumah, melindungi kebocoran akibat tampias air hujan dan embun, melindungi plafond dari kerusakan/melengkung karena cuaca panas, membuat plafond bersih dan bebas debu, dan praktis karena mudah pemasangannya.

Adapun langkah-langkah pemasangan aluminium foil sebagai pelapis atap seng/zincalume pada proyek Club House adalah sebagai berikut:
pemasangan aluminium foil pada atap
  • Sebelumnya siapkan bahan-bahan yang digunakan, pada proyek Club House ini kami menggunakan beberapa material seperti: jaring kawat, kertas aluminium foil dan glass wool. Jika sudah, masuk ke tahap selanjutnya yaitu pemasangan.
  • Pasang jaring kawat diatas rangka atap.
  • Setelah jaring kawat terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang kertas alumunium tepat diatas jaring kawat dengan posisi bagian mengkilat berada pada posisi bawah.
  • Setelah alumunium foil terpasang dengan sempurna, kemudian lapisi dengan glass wool tepat diatasnya.
  • Jika sudah barulah kita pasang penutup atapnya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat foto dibawah ini:

Pelapis Atap Seng
Pelapis Atap Seng 1

Demikian tadi pembahasan kita kali ini mengenai cara pemasangan aluminium foil sebagai pelapis atap untuk meredam panas yang ditimbulkan oleh atap seng. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pelapis Atap Seng"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *