Membuat Home Theater di Rumah

Jika bisa membuat home theater di rumah sendiri tentu akan sangat menyenangkan, apalagi bagi Anda yang punya hobi nonton. Karena salah satu ruang yang paling menyenangkan di rumah adalah ruang hiburan yang satu ini. Dimana desain ruangan dibuat khusus sebagai pusat hiburan di dalam rumah. Aktivitas seperti menonton TV, film, berkaraoke, mendengarkan musik dan sebagainya bisa dilakukan di area ruang entertainment ini.
Membuat Home Theater di Rumah
Home Theater oleh VictorEric
Walaupun home theater bukanlah kebutuhan ruang primer yang harus ada dalam rumah namun terkadang budget untuk ruangan ini lebih besar bila dibandingkan dengan ruang lainnya. Untuk itulah perlu direncanakan dan diperhitungkan secara matang agar tidak terjadi pemborosan budget serta hasil yang kurang memuaskan. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah home theatre di rumah agar bisa tampil maksimal.

1. Perangkat Audio. Suara dan bunyi pastinya tergantung dengan mutu speaker. Idealnya, perangkathome theatre memiliki minimal lima speaker dengan output berbeda, dua front speaker, dua surround, satu center dan sebuah sub woofer.

2. Akustik. Dentuman dan bunyi yang dihasilkan oleh perangkat home theatre Anda lebih terasa, tutupi kaca jendela dengan tirai. Tidak hanya jendela, lantai dan dinding pun sebaiknya dilapisi denganglasswool atau wallcover. Dengan demikian, bunyi yang dikeluarkan tidak akan terpantul kembali.

3. Besaran Ruang. Luas ruangan yang dibutuhkan untuk menciptakan suasana layaknya di dalam bioskop. Jika Anda menggunakan plasma TV sebaiknya ruangan yang dipakai minimal 3×4 meter. Tapi jika proyektor jadi pilihan Anda, gunakan ruangan seluas 4×6 meter untuk kenyamanan Anda.

4. Penerangan. Kondisi cahaya ruangan berpengaruh terhadap gambar yang dihasilkan oleh layar. Untuk pencahayaan terang, plasma TV mampu menghasilkan gambar yang cukup optimal. Sementara jika menggunakan layar proyektor, dianjurkan untuk mengkondisikan ruang dalam pencahayaan yang lebih gelap, agar gambar yang dihasilkan bisa semakin tajam.

5. Desain dan Tata Ruang. Atur interior ruang home theater mengarah ke layar atau dengan kata lain layar menjadi vocal point dari ruangan tersebut. Pemilihan bentuk ruang home theater, karena ini juga ikut mempengaruhi kualitas bunyi. Ada beberapa bentuk ruang home theater lazim digunakan seperti bentuk empat persegi (rectangular shape), bentuk kipas (fan shape), bentuk tapal kuda (horse-shoe shape) dan bentuk hexagonal  (hexagonal shape). 
Membuat Home Theater di Rumah 1
Home Theater oleh Agence Glenn Medioni
Membuat Home Theater di Rumah 2
Home Theater oleh Inspired Dwellings
Membuat Home Theater di Rumah 3
Home Theater oleh Bella Vista Company
Membuat Home Theater di Rumah 4
Home Theater oleh Morph Interior Ltd
Membuat Home Theater di Rumah 5
Home Theater oleh 360-Vip Photography
Membuat Home Theater di Rumah 6
Home Theater oleh Sourcery Design
Membuat Home Theater di Rumah 7
Home Theater oleh SW designs
Membuat Home Theater di Rumah 8
Home Theater oleh Affiniti Architects

0 Response to "Membuat Home Theater di Rumah"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *