Memilih Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki rumah dengan model modern minimalis, maka desain meja makan modern merupakan salah satu kebutuhan yang dapat Anda terapkan pada ruang makan rumah minimalis Anda. Lantas bagaimanakah memilih model meja makan yang cocok untuk ruang makan minimalis Anda?. Maka kali ini mstudiosolo akan memberikan beberapa tip tentang bagaimana memilih meja makan yang tepat untuk ruang makan minimalis Anda.

Luas ruangan
Sangat penting untuk mengukur apakah meja makan sesuai untuk luas ruangan Anda, terutama jika ruang makan berukuran kecil. Jangan sampai meja terlalu besar untuk ruangan sempit, atau terlalu kecil untuk ruangan luas. Meja berbentuk persegi panjang yang ditempatkan di ruang sempit akan dengan cepat memakan ruangan dan membuatnya terlihat sempit. Satu hal yang penting, Anda harus bisa berjalan dan bergerak di antara meja dan kursi.

Model meja makan
Secara umum model meja makan memiliki dua bentuk dasar yaitu kotak dan lingkaran. Untuk menentukan model meja makan mana yang cocok dengan ruang makan Anda, dapat disesuaikan dengan bentuk dan kondisi ruang makan tersebut. Meja makan persegi atau kotak lebih cocok untuk digunakan pada ruang makan kecil. Kesamaan sisi mejanya menghadirkan akrab dan hangat. Apabila Anda memiliki ruangan yang lebih besar dan panjang, dapat menggunakan meja dengan bentuk persegi panjang. Selain untuk menyeimbangkan ruang makan dengan interior meja makan, meja bentuk persegi panjang bisa memuat lebih banyak pengguna. Meja segi empat cenderung lebih fungsional dan dapat digunakan di segala ruangan. Bila anda memiliki ruang makan yang lebih besar, jangan ragu menggunakan meja makan dengan bentuk bulat atau elips. Bentuk meja ini lebih tepat digunakan pada ruang makan luas karena bentuknya yang memusat, menghadirkan kesan akrab.

Jenis material
Jika ingin meja makan yang terbuat dari kayu, pilihlah material kayu keras murni (hardwood) seperti mahogany, walnut, maple, oak atau jati. Jangan yang bersifat komposit atau gabungan, misalnya MDF (Medium Density Fiberboard).

MDF merupakan material dari campuran kayu keras dan halus yang dikompres menjadi bentuk papan. Meskipun tahan lama, tapi tak sekuat dan sekokoh jenis hardwood. Mungkin harganya akan sedikit lebih mahal, namun jika yang Anda cari adalah meja makan yang tahan lama hingga berpuluh-puluh tahun, lebih baik memilih hardwood. Sementara bagi Anda yang kurang suka meja kayu, pilihlah dari bahan metal atau marmer.

Untuk ruang makan yang sempit jenis material sangat berpengaruh, ada baiknya memilih meja makan dari kaca bening agar ruangan terkesan lebih luas.

Ukuran Meja Makan
Kebanyakan meja makan memiliki ketinggian standar antara 28 - 30 inci. Tinggi meja yang paling nyaman bisa memberi ruang yang cukup di atas lutut dan sejajar dengan siku tangan ketika Anda duduk. Sementara lebarnya, baik itu oval, bujur sangkar, bundar atau persegi panjang memiliki standar lebar 36 inci ke atas, tergantung jumlah orang. Sebagai contoh, meja oval dengan panjang 84 inci, bisa mengakomodasi hingga 10 orang.

Begitulah kiranya sedikit tips dari mstudiosolo mengenai bagaimana memilih meja makan untuk ruang makan minimalis sebagaimana yang dijabarkan di atas. Dan untuk melengkapinya berikut ini ada beberapa referensi meja makan dengan gaya modern minimalis. Supaya Anda semakin jelas dan terarah didalam menentukan meja makan yang cocok untuk ruang makan Anda.
Memilih Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis
Memilih Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis 1
Memilih Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis 2
Memilih Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis 3
Memilih Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis 4
Memilih Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis 5
Memilih Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis 6
Sumber dan referensi: houzz, informa, chandrakarya

0 Response to "Memilih Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *