Menghitung Konsumsi Cat Dinding Rumah

Solusi terbaik untuk mengatasi cat dinding rumah yang sudah mulai kusam bahkan terkelupas dan ditumbuhi jamur akibat pengaruh cuaca adalah dengan melakukan pengecatan ulang. Dengan mengecat ulang rumah, semua masalah tersebut dapat teratasi bahkan mampu menciptakan suasana baru yang bersih dan indah sehingga tampilan rumah terlihat lebih menarik. Namun yang jadi pertanyaan adalah berapa liter cat yang dibutuhkan untuk mengecat ulang seluruh ruangan rumah?. Pasalnya, jika kekurangan, ada kalanya kebutuhan cat yang sama tidak lagi tersedia atau sulit mencarinya lagi. Sebaliknya jika berlebih, sayang dibuang dan berujung pemborosan. Nah, agar anda dapat menghitung konsumsi cat yang dibutuhkan untuk mengecat seluruh ruangan rumah, berikut cara mudah untuk menghitungnya:
Menghitung Konsumsi Cat Dinding Rumah
ilustrasi oleh interiordesignipedia

Cara menghitung konsumsi cat dinding rumah

Pertama, hitung luas permukaan bidang dinding atau tembok yang akan dicat. Contohnya ada empat bidang dinding yaitu dinding putih dengan luas 4x5 meter sebanyak dua sisi sama dengan 40 meter persegi. Kemudian dinding merah 3x5 meter yang juga sebanyak dua sisi sama dengan 30 meter persegi. Jadi total dinding adalah 70 meter persegi.

Kedua, tambahkan dengan luas bidang plafon 3x4 meter sama dengan 12 meter persegi. Sehingga total luas bidang dinding dan plafon sama dengan 70 meter persegi ditambah 12 meter persegi sama dengan 82 meter persegi.

Ketiga, kurangi dengan luas pintu dan jendela jika di ruangan tersebut terdapat jendela. Misalnya luas pintu 2x0,5 meter sama 1 meter persegi. jadi, total luas bidang dinding dan plafon dikurangi oleh luas pintu. Sehingga 82 meter persegi dikurangi 1 meter persegi sama dengan 81 meter persegi. Itulah luas bidang yang akan dicat.

Terakhir, luas bidang yang akan dicat dibagi dengan daya sebar cat per liter. Contohnya, jika 1 liter cat memiliki daya sebar 12 meter persegi dengan dua lapis pengecatan. Maka jumlah cat yang dibutuhkan secara teoritis yaitu total luas bidang yang akan dicat, dibagi daya sebar teoritis dikalikan dengan jumlah lapis pengecatan. Yaitu, 81 meter persegi dibagi 12 dikalikan dua sama dengan 13,5 liter atau enam galon.

Bagaimana? apakah Anda sudah paham cara menghitungnya konsumsi cat dinding rumah yang dijelaskan diatas. Kini Anda sudah bisa mulai menghitung kebutuhan cat dinding rumah Anda sendiri dengan rumus tersebut, selamat menghitung.

0 Response to "Menghitung Konsumsi Cat Dinding Rumah"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *