Rumah Sesuai Feng Shui

Membangun rumah sesuai feng shui tentunya akan berurusan dengan aturan-aturan yang bisa dibilang sedikit rumit bagi kita orang awam. Feng Shui atau ilmu topografi kuno Tiongkok yang sudah berumur ribuan tahun ini. Salah satu bagiannya adalah mempelajari tentang pengaturan tata letak ruang/bangunan dan penyesuaian dengan alam sekitarnya dengan memperhitungkan manusia yang ada didalamnya. Feng Shui berhubungan dengan data kelahiran, sektor baik dan sektor buruk. Sektor baik dan sektor buruk kita bisa ditentukan melalui Angka Kua.
Rumah Sesuai Feng Shui
ilustrasi oleh Locus Architecture Inc.
Dalam Feng Shui, setiap orang memiliki sektor atau arah bagusnya masing-masing sesuai dengan Angka Kua yang dimilikinya. Feng Shui bukan sekedar ramalan, namun harus dipraktekkan agar sesuai dengan kondisi orang tersebut sehingga diharapkan dapat membawa nasib baik dan menghindari nasib buruk. Berikut ini adalah tips-tips memilih atau mendesain rumah menurut Feng Shui.

Kondisi Kontur Tanah
Rumah tinggal yang baik Feng Shui-nya berada pada kontur tanah yang naik ke belakang, bukan sebaliknya. Rumah yang berada pada tanah yang menurun ke belakang dipercaya dapat mengurangi kemakmuran penghuni rumah tersebut. Juga penting diketahui, apabila ternyata kapling tanah itu telah diurug. Perhatikan rumah yang berada di depan; apakah kondisi tanahnya lebih tinggi, sehingga bangunan rumah tinggal yang diminati itu berada jauh lebih rendah.

Bentuk Kapling
Bentuk kapling yang baik adalah empat persegi panjang. Bentuk seperti ini baik, apabila memanjang ke belakang, dan kurang dianjurkan apabila lebar depan rumah lebih panjang dari kedalamannya. Bentuk kapling yang melebar ke belakang (ngantong) acap kali juga diminati, tetapi sebaiknya tidak mengecil ke belakang.

Arah Hadap Pintu Masuk Utama
Arah hadap pintu masuk utama sebaiknya sesuai dengan arah yang baik bagi kepala keluarga (pria dan wanita). Untuk itu harus dilihat angka Kua dari kepala keluarga ini.

Tata Letak Interior
Tata letak interior perlu memperhatikan beberapa prinsip penting. Terutama ialah: dapur tidak terletak di sektor utara (karena utara simbol air, sedang dapur adalah api); kamar mandi/WC tidak terletak di sektor selatan (karena selatan adalah simbol api, sedang kamar mandi/WC adalah simbol air). Selain itu, hindari rumah dengan letak tangga, dapur, atau kamar mandi/WC berada persis di tengah rumah. Hindari juga rumah yang pintu depannya langsung melihat ke arah tangga, pintu dapur, maupun pintu kamar mandi/WC.

Bentuk Bangunan
Bentuk bangunan yang sederhana dan beraturan lebih baik daripada bentuk bangunan yang tidak beraturan dan bentuk dasar yang beraneka ragam. Apabila sebagian bangunan itu bertingkat, maka posisi tingkatnya sebaiknya berada di bagian belakang bangunan, bukan sebaliknya.

Dimensi Waktu
Saat transaksi pembelian rumah tinggal dan saat menempati bangunan merupakan hal yang penting. Ada baiknya tidak melakukan aktivitas penting pada tahun-tahun ciong. Pasangan ciong adalah ular-babi, naga-anjing, kelinci-ayam, harimau-monyet, kerbau-kambing, dan tikus-kuda. [dilansir dari neraca.co.id]

0 Response to "Rumah Sesuai Feng Shui"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *