Tinggi Ideal Pagar Rumah

Tinggi ideal pagar rumah tidaklah bisa disebut ukurannya secara pasti. Karena memang secara resmi tidak ada yang mengatur berapa tinggi pagar rumah yang ideal. Namun setidaknya kita bisa mengetahui kisaran tinggi ideal suatu pagar rumah dari beberapa faktor seperti: keamanan, keindahan dan keselarasan dengan desain, model serta tema bangunan rumah.

Alangkah baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu regulasi yang dibuat pemerintah atau pengembang mengenai pagar rumah yang diizinkan. Adakah aturan jelas yang mengatur tinggi pagar rumah ideal. Misalnya, ketika Anda tinggal di perumahan dengan konsep town house. Di perumahan semacam ini, penggunaan pagar tinggi akan bertentangan dengan konsep keramahan yang ditawarkan oleh perumahan tersebut.
Tinggi Ideal Pagar Rumah
Tinggi pagar rumah ideal juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Penggunaan pagar dengan fungsi yang berbeda tentunya membutuhkan tinggi yang berbeda pula. Setidaknya ada 4 macam penggunaan pagar berdasarkan fungsionalitasnya, dimana masing-masing memiliki kisaran tinggi idealnya berikut ini:

Pelindung area pribadi rumah
Untuk hal ini, Anda dapat membangunnya dengan ukuran 180 centimeter atau setara dengan rata-rata tinggi orang dewasa. Untuk yang bertema minimalis Anda dapat menggunakan yang berukuran 150 centimeter.

Pembatas pekarangan
Ukuran tinggi ideal pembatas pekarangan untuk mencegah orang lain masuk ke dalam halaman rumah Anda adalah setinggi 170-250 centimeter dengan penambahan benda lancip atau tajam seperti paku atau kawat duri (barbed wire) di atasnya.  Sedangkan jika hal utama yang mau Anda hindari berupa hewan seperti domba, anjing, kambing, atau gangguan kecil laiinya maka Anda cukup memakai ukuran dengan tinggi minimal 120 centimeter.

Pembatas lahan
Untuk Anda yang tinggal di lingkungan kompleks perumahan yang berkonsep hijau dan asri, maka ukuran ideal yang bisa Anda bangun adalah cukup setinggi pinggang orang dewasa atau sekitar 100-120 centimeter karena biasanya lingkungan ini sudah cukup aman karena disertapi dengan fasilitas keamanan 24 jam.

Rumah pinggir jalan raya
Bagi Anda pemilik rumah yang lokasinya sangat dekat sekali dengan jalan raya atau jalan besar ada baiknya untuk memiliki pagar dengan tinggi minimal 180-200 centimeter. Selain memberi rasa aman, hal ini bertujuan untuk mengurangi kebisingan suara yang muncul dari para pengguna jalan, baik kendaraan bermotor, suara klakson mobil, dan juga suara riuh para pejalan kaki. [dikutip dari cvptm.com]

0 Response to "Tinggi Ideal Pagar Rumah"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *