Tips Sehat Saat Bekerja di Kantor

Tips Sehat Saat Bekerja di Kantor
ilustrasi dari swccd.edu
Posisi tubuh yang salah saat bekerja bisa membuat tubuh Anda pegal. Selain rasa tak nyaman, sebenarnya posisi ini juga tidak sehat dan merusak postur tubuh.

Namun, pekerjaan yang menumpuk membuat Anda tidak bisa terlalu lama meninggalkan meja. Tips sehat saat bekerja di kantor dari situs Mashable, Selasa, 27 Mei 2014, ini bisa Anda praktekkan agar postur tubuh lebih sehat:

1. Telinga sejajar dengan bahu
Pastikan posisi telinga sejajar dengan bahu. Artinya kepala Anda tidak menunduk dan tidak mendongak. Jika Anda terlalu bersandar ke depan atau ke belakang, postur tubuh juga tidak ideal.

2. Olahraga bahu dan dada
Untuk melakukan gerakan ini, berdiri menghadap ke dinding dan lebarkan kaki sejajar dengan bahu. Letakkan kedua tangan di dinding, lalu tekuk siku hingga 90 derajat, lalu luruskan lagi. Lakukan kegiatan ini paling tidak sebanyak 15 kali. Lemaskan juga bahu dengan menggerakkannya ke atas dan bawah untuk mengurangi rasa tegang.

3. Posisi kaki
Cara yang benar saat duduk adalah jika kaki benar-benar menyentuh lantai. Hindari menyilangkan kaki atau menempelkan keduanya. Jika posisi duduk membuat pegal, gunakan penopang untuk kaki Anda agar peredaran darah lancar, lalu kembali ke posisi semula.

4. Gerakkan punggung
Ketika duduk berlama-lama, punggung juga akan terasa pegal. Lakukan peregangan punggung sesekali dengan cara membusungkan dan membungkukkan dada Anda. Gerakan ini akan membuat punggung lebih santai. Lakukan lagi jika punggung mulai terasa tidak nyaman.

5. Gunakan bantal penyangga
Jangan malu membawa bantal penyangga ke kantor. Dengan meletakkan bantal di kursi, posisi tulang belakang akan lurus. Selain bantal, Anda juga bisa menggunakan handuk yang digulung atau dilipat sebagai penyangga.

6. Aktif bergerak
Duduk berlama-lama dengan postur yang tidak sempurna dapat membuat aliran darah dalam tubuh tidak lancar dan otot melemah. Sering-seringlah bergerak, misalnya dengan menggunakan tangga daripada eskalator. Pilih juga toilet yang letaknya jauh dari ruang kerja agar aktivitas bergerak lebih banyak.

7. Lakukan olahraga sederhana
Angkat kedua tangan lurus ke atas, lalu jalin jari-jari dan gerakkan ke kiri dan ke kanan. Atau, Anda juga bisa melakukan memutar pinggang dengan menyilangkan bahu ke kiri dan kanan. Ini juga termasuk dalam gerakan ringan yang dapat membuat tubuh lebih santai. [dikutip dari tempo.co]

0 Response to "Tips Sehat Saat Bekerja di Kantor"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *