Koefisien Dasar Bangunan

Istilah KDB atau singkatan dari koefisien dasar bangunan tentunya sudah tidak asing lagi bagi mereka yang berkecimpung didunia properti. Namun bagi masyarakat awam tentunya istilah KDB ini masih sedikit asing ditelinga, walau sudah sering mendengar pun akan tetapi tidak begitu paham maksudnya. Koefisien dasar bangunan (KDB) adalah persentase antara luas lantai dasar bangunan yang dapat dibangun terhadap luas lahan keseluruhan. Luasan bangunan yang dihitung hanyalah luas lantai dasar yaitu lantai yang memiliki hubungan ruang dengan permukaan tanah lahan tersebut. Sedangkan untuk lahan yang memiliki topografi tidak rata atau berkontur perhitungan koefisien dasar bangunan (KDB) mengacu pada luasan lantai yang berada di permukaan tanah di setiap konturnya.
Koefisien Dasar Bangunan
Jadi intinya pada kondisi tertentu tidak seluruh permukan lahan yang kita miliki dapat dibangun. Untuk itulah pada saat perencanaan pembagunan kita perlu menghubungi dinas tata bangunan kota/kabupaten setempat demi mendapatkan informasi tentang koefisien dasar bangunan (KDB) yang telah ditetapkan pemerintah sesuai atauran yang tertuang dalam RTRW (rencana tata ruang wilayah) atau RTBL (rencana tata bangunan dan lingkungan). Sehingga nantinya bangunan yang hendak dibangun pada lahan tersebut sudah sesuai dengan aturan tata ruang wilayah setempat.
 
Akan tetapi bila ternyata data koefisien dasar bangunan (KDB) belum tersedia pada wilayah tersebut, maka sebelum melakukan perencanaan bangunan dapat terlebih dahulu mengajukan planning permit kepada dinas tata bangunan setempat yang disertai dengan lampiran konsep perencanaan bangunan yang hendak dibangun. Sehingga nantinya akan diperoleh informasi mengenai KDB, KLB, GSB, SEP, dan berbagai informasi yang dibutuhkan dalam perencanaan bangunan, seperti tata letak utilitas kota yang telah disesuaikan dengan rencana pengembangan kawasan di atas lahan tersebut ke depannya di dalam dokumen planning permit yang dikeluarkan oleh dinas tata bangunan setempat.

0 Response to "Koefisien Dasar Bangunan"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *