Persyaratan Teknis Rumah Layak Huni

Setiap keluarga pastinya memiliki rumah idaman mereka masing-masing sesuai dengan orientasi serta sudut pandang mereka mengenai hunian itu sendiri. Ada yang menginginkan rumah satu lantai dengan pekarangan rumah yang luas, ada pula yang menginginkan rumah mungil dengan dua atau tiga lantai. Tak hanya itu, dalam urusan gaya desain rumah pun masing-masing keluarga memiliki selera berbeda-beda. Ada yang menginginkan rumah gaya klasik hingga rumah dengan gaya minimalis. Tidak cukup sampai disini, untuk mewujudkan rumah idaman mereka, ada yang lebih suka membangunnya sendiri dari awal, ada yang membeli lalu direovasi sesuai keinginan, ada pula yang membeli rumah yang sudah sesuai dengan seleranya.
Persyaratan Teknis Rumah Layak Huni
Hanya saja, ketika Anda membangun atau membeli rumah jangan sampai melupakan hal mendasar mengenai persyartan teknis rumah layak huni. Syarat apa sajakah itu? sehingga sebuah rumah dapat di kategorikan layak huni? Menurut Mstudiosolo setidaknya ada tiga faktor utama yang harus terpenuhi oleh suatu bangunan rumah sehingga dapat dikatakan sebagai rumah layak huni, yaitu sebagai berikut:

1. Faktor Keselamatan
Maksud dari keselamatan disini adalah bangunan rumah dapat memberikan rasa aman bagi penghuni dan lingkungan sekitar rumah. Apakah strukturnya sudah sesuai dengan kondisi lahan dimana rumah itu dibangu. Sehingga struktur bangunan rumah mampu menahan beban mati maupun beban hidup yang ada didalamnya serta beban yang ditimbulkan oleh kondisi alam tertentu seperti gempa, angin banjir dll.

2. Faktor Kesehatan
Rumah dapat dikatakan layak huni bukan sekedar mampu memberikan rasa aman bagi penghuninya. Namun rumah juga harus memenuhi standar kesehatan seperti sistem penghawaan dan pencahayaan alami yang optimal, sanitasi yang baik serta penggunaan material bangunan yang tidak mengganggu kesehatan penghuni serta berdampak buruk bagi lingkungannya.

3. Faktor Kenyamanan
Rumah mampu memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Kenyamanan yang dimaksud meliputi banyak hal seperti kenyamanan sirkulasi atau ruang gerak yang berkaitan dengan pengorganisasian hubungan antar ruangan rumah. Kenyamanan suhu, rumah dapat dijadikan tempat berlindung dari cuaca panas pada siang hari serta udara dingin ketika malam hari tiba. Kenyamanan pandangan, rumah dapat menjaga privasi sang penghuni saat melakukan aktivitas tertentu tanpa khawatir terlihat dari luar.

Ketiga faktor yang disebutkan diatas bukanlah suatu hal yang dapat dipisah-pisahkan. karena dalam kenyatannya akan saling berkitan satu sama lain dalam mewujudkan suatu bangunan rumah yang layak huni.

0 Response to "Persyaratan Teknis Rumah Layak Huni"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *