Tips Dekorasi Dinding Dapur Mungil

Kali ini Mstudiosolo akan membahas tips dekorasi dinding dapur mungil kepada para pembaca sekalian. Sebagaimana kita ketahui tidak semua rumah dibekali dengan ruang dapur yang luas. Sebagian rumah hanya memiliki ruang dapur kecil di mana mereka bisa memasak dan menyiapkan makanan. Besar kecilnya ukuran dapur sebenarnya bukanlah suatu masalah. Kalau memang hanya untuk menampung aktivitas keluarga kecil Anda buat apa ruang dapur yang luas. Toh dapur mungil ini pun sudah cukup bagi keluarga kecil Anda. Hanya saja terkadang masalah desain dan penataanlah yang sering memusingkan Anda. Seperti penempatan sink, kompor dan kabinet sehingga masih ada ruang gerak yang cukup.

Namun bukan berarti hanya karena ukuran ruang dapur yang kecil sehingga akan terlihat sumpek dan membosankan. Karena Anda bisa menghidupkan suasana dapur mungil tersebut melalui berbagai macam cara. Seperti mengecat dinding dapur dengan warna yang lebih cerah ataupun dengan wallpaper sehingga suasana dapur mungil Anda menjadi lebih ceria. Dan masih banyak lagi tips dekorasi dinding dapur mungil lainnya yang akan kami jabarkan berikut ini:
Tips Dekorasi Dinding Dapur Mungil
warna cerah pada dinding dapur, ilustrasi oleh ivycreek.cc
1. Mengecat dinding dapur dengan warna-warna cerah
Pilih warna yang Anda suka atau pilih warna yang sesuai dengan kepribadian Anda dan aplikasikan untuk mewarnai dinding dapur Anda. Anda bisa mengecat sebagian dari dinding dapur untuk lebih mengekspos area yang Anda inginkan sehingga jauh dari kesn monoton. Atau mengecat dinding dapur secara keseluruhan sehingga susana ruang dapur terasa lebih cerah. Dapat juga dikombinasikan dengan warna-warna pucat yang akan memantulkan cahaya dan membuat ruang dapur terasa lebih lapang. Namun Anda dapat juga menggunakan nada warna yang kuat untuk menciptakan kesan bahwa jarak antara dinding terasa lebih jauh dari sesungguhnya. 
Tips Dekorasi Dinding Dapur Mungil 1
mural pada dinding dapur, ilustrasi oleh BUILD LLC
2. Menambahkan mural atau wallpaper pada dinding dapur sehingga terlihat lebih menarik
Anda dapat memberikan sedikit sentuhan seni pada dinding dapur dengan mural sehingga terlihat lebih ekspresif. Baik itu mural yang dibentuk dari cat, ubin keramik maupun stiker dinding. Dengan menerapkan sebuah mural dinding di ujung ruangan sempit akan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Selain itu wallpaper juga dapat Anda terapkan pada dinding dapur mungil Anda. Pilih wallpaper dengan warna terang sehingga membuat jarak antara dinding terasa lebih jauh dari sesungguhnya. Namun harus di ingat, jangan terburu-buru menghias seluruh dinding dapur Anda dengan mural ataupun wallpaper. Ada baiknya hanya salah satu atau dua bagian dinding saja yang dihias.
Tips Dekorasi Dinding Dapur Mungil 2
permainan pola pada dinding dapur, ilustrasi oleh Drawing Dept
3. Bermain dengan pola
Permainan bentuk bidang dan pola dapat mengubah tampilan sebuah ruangan. Ruangan yang semula tampak sempit, bisa terlihat lebih lega. Permainan bidang yang dimaksud adalah permainan bentuk bidang horizontal. Garis horizontal memberikan ilusi, seolah ruangan lebih panjang dari ukuran sebenarnya. Permainan garis ini juga perlu diaplikasikan pada pemilihan furniture pada dapur mungil Anda, furniture dengan bentuk memanjang akan lebih bagus untuk dapur mungil Anda. Perhatikan juga desainnya. Desain ramping dan berkesan ringan tentu lebih dianjurkan, daripada yang berdesain besar dan berat.
Tips Dekorasi Dinding Dapur Mungil 3
memanfaatkan ruang kosong dinding dapur, ilustrasi oleh rilane
4. Manfaatkan dinding kosong dapur
Jika memang tidak bisa menambah lemari atau rak penyimpanan karena sempitnya lahan, kenapa tidak buat sendiri saja rak sederhana yang menempel di dinding? Selain lebih murah, rak dinding membuat Anda bisa menghemat tempat lebih banyak. Selain itu, dengan membuat rak di dinding, rak Anda jadi lebih mudah dibersihkan dan Anda tidak perlu capek-capek menggeser-geser lemari hanya untuk menyapu bagian belakangnya. Agar lebih menarik, sebaiknya pilih lemari yang berwarna terang. Hindari lemari-lemari yang berwarna gelap, karena akan membuat dapur mungil Anda menjadi semakin sempit. 
Tips Dekorasi Dinding Dapur Mungil 4
sentuhan mozaik pada backsplash, ilustrasi oleh Leverone Design
5. Sentuhan mozaik pada backsplash 
Pilihlah mozaik dengan pola dan warna yang senada dengan konsep dapur agar melembutkan kesan kaku yang biasa ditonjolkan pada dapur. Hal ini dikarenakan dapur dituntut agar praktis dan efisien namun bisa mengakomodasi seluruh kegiatan masak memasak. Anda bisa memilih variasi mozaik yang monokrom maupun bergradasi, semuanya kembali kepada selera Anda. Aplikasi mozaik dapat merubah tampilan dapur Anda dalam sekejap, jauh dari kesan kekakuan.

Memiliki dapur mungil memang mengharuskan kita untuk pintar-pintar dalam menata dan menyiasati keterbatasan ruang yang ada. Bukan sekedar permasalahan secara fisik namun juga permasalah suasana ruang dapur tersebut.

1 Response to "Tips Dekorasi Dinding Dapur Mungil"

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *