Desain Ruang Makan Gaya Rustik

Secara harfiah kata "rustic" berarti kuno, ndeso, kasar. Sedangkan maksud dari desain gaya rustik adalah suatu konsep desain rumah yang mengutamakan pada penekanan kesan yang lebih natural (memunculkan karakter aslinya) sehingga terlihat cenderung kasar dan apa adanya. Namun bukan berari tampilan interior gaya rustik akan terlihat kuno dan kurang menarik. Karena gaya rustik ini dapat diolah dengan sentuhan modern sehingga tampilannya jauh lebih menarik.

Sebenarnya gaya rustik ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena secara tidak sadar sebenarnya gaya rustik sudah umum diterapkan, terutama untuk bangunan rumah atau arsitektur tradisional seperti rumah- rumah adat. Kalaupun pernah muncul tren gaya rustic, itu adalah pengaruh dari luar negeri untuk penyebutan gaya arsitektur yang sebenarnya sudah ada. Biasanya yang mendekati gaya rustic adalah rumah bergaya country dengan penggunaan kayu serta bebatuan yang banyak. Gaya minimalis yang banyak mengaplikasikan batu-batuan juga bisa disebut rustik.

Sedangkan untuk aplikasi gaya rustik pada ruang makan, dapat diterapkan pada penggunaan bahan-bahan material dari alam seperti kayu tanpa finishing pada meja makan, kursi dan lantai. Dinding bata atau batu yang diekspos, struktur kayu pada bagian langit-langit yang sengaja diekspos. Serta penambahan beberapa aksen yang dapat mempertegas kesan rustik seperti lampu jadul, hiasan dari kayu ataupun benda-benda antik yang dijadikan pajangan. Jangan lupa pula pilih warna-warna alamiah seperti abu-abu, terakota, hitam, cokelat kayu, kuning kusam, atau warna bata.
Desain Ruang Makan Gaya Rustik
ruang makan gaya rustik oleh Buero Philipp Moeller
Ruang Makan Gaya Rustik
ruang makan gaya rustik oleh Uniic
Ruang Makan Gaya Rustik 1
ruang makan gaya rustik oleh Worth Interior
Ruang Makan Gaya Rustik 2
ruang makan gaya rustik oleh Stillwater Architecture
Ruang Makan Gaya Rustik 3
ruang makan gaya rustik oleh Lohss Construction
Ruang Makan Gaya Rustik 4
ruang makan gaya rustik oleh Studio 80
Ruang Makan Gaya Rustik 5
ruang makan gaya rustik oleh Lorena Ongaro Anderson Design
Ruang Makan Gaya Rustik 6
ruang makan gaya rustik oleh Gary Finley
Walaupun sebenarnya tidak ada patokan khusus dalam membuat gaya rustik pada interior ruang makan. Yang penting kesan tua dan hangat harus ditonjolkan. Caranya bisa dengan menggunakan material yang kesan teksturnya kuat, seperti melapisi dinding dengan batu-batuan, kayu, atau bata ekspos. Meskipun begitu, tetap saja perlu beberapa tahapan untuk mengaplikasikan gaya tersebut di dalam desain ruang makan. Yang pertama, pilih material dengan kesan tekstur kuat, tapi tidak dilapisi material pelapis seperti cat ataupun acian semen. Setelah itu, berikan unsur-unsur obyek material yang terkesan tua seperti kayu dengan tekstur yang bagus. Alternatif lain, Anda boleh menggunakan jenis material yang dapat memberi aksen kasar atau tua sebagai lapisan dinding. Tahapan selanjutnya, pilih furnitur dengan material yang terkesan sederhana dan berharga murah seperti kayu bekas dan kayu kelapa. Bisa juga memadupadankannya dengan material pabrikan seperti kaca, logam, dan lain-lain agar tercipta suasana ruang makan dengan kesan rustik modern.

0 Response to "Desain Ruang Makan Gaya Rustik"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *