Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter

Rumah minimalis selebar 3 meter, mungkinkah rumah seperti ini untuk dibangun? Layakkah nantinya rumah ini untuk dihuni? dan yang terpenting adalah bisakah rumah yang hanya selebar tiga meter dapat menampung semua kebutuhan ruang bagi penghuninya? Mungkin itulah segelintir pertanyaan yang akan muncul dibenak kita ketika melihat lahan yang hanya memiliki lebar 3 meter akan dibangun sebuah rumah diatasnya. Ya, benar-benar sebuah rumah layak huni bukan hanya sekedar tempat tidur belaka.

Atau bahkan belum pernah terpikirkan oleh kita, bahwa lahan selebar tiga meter pun dapat dibangun rumah diatasnya. Karena mayoritas masyarakat Indonesia melihat lahan sempit seperti ini adalah sebagai kekurangan yang tidak dapat ditolerir. Sehingga kalaupun ada lahan "sisa" dengan lebar 3 meter seperti ini hanyalah dijadikan ruang terbuka hijau ataupun sebagai lahan parkir motor.
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter
Namun beda halnya dengan rumah minimalis yang terletak di Okazaki, Aichi, Jepang berikut ini, Di bangun diatas lahan yang hanya selebar 3 meter dan panjang 21 meter kebelakang. Bukanlah halangan bagi arsitek Katsutoshi Sasaki untuk dapat berkreasi didalam keterbatasan tersebut. Dengan meninjau kembali sudut pandang mengenai skala, pencahayaan alami dan penggunaan ruang untuk dapat menciptakan sirkulasi ruang rumah yang benar-benar efektif dan efisien.

Bisa dibilang inilah rumah minimalis dalam artian yang sebenarnya, karena semuanya serba minim dan terbatas. Oleh karenanya segala macam bentuk yang ada dalam rumah harus dapat dipertangggung jawabkan secara fungsi. Penataan ruang rumah pun harus diperhitungkan secara horisontal maupun vertikal. Dan interior rumah di rancang dengan bentuk-bentuk sesimpel mungkin untuk meminimalisir konsumsi space yang ada.

Misalnya, tinggi masing-masing kamar disesuaikan dengan jumlah pengguna dan penggunaan ruang. Tinggi kamar tidur anak adalah 1,3 meter sedangkan untuk ruang tamu tingginya 4.4m. Ruang yang digunakan oleh satu orang menggunakan pencahayaan alami terbatas sementara ruang dimana orang berkumpul jauh lebih terang pencahayaan alaminya. Dengan menyeimbangkan skala dan cahaya seperti ini akan membawa karakter kesederhanaan dalam suatu ruangan.

Sedangkan untuk mengatasi sirkulasi udara didalam rumah, pada ujung-ujung rumah dibuat ruang terbuka hijau sebgaimana yang terlihat pada lantai satu dan tiga. Dan menciptakan ruangan yang lapang pada area tengah sehingga sirkulasi udara dapat menjangkau seluruh bagian ruangan rumah. Selain itu multi fungsi ruangan rumah pun diterapkan pada rumah ini sehingga lebih efektif dan efisien dalam penggunaan ruang. Misalnya saja koridor dapat dimanfaatkan sebagai ruang kerja, taman dalam yang juga dapat difungsikan sebagai ruang makan ataupun ruang tamu.
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 1
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 2
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 3
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 4
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 5
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 6
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 7
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 8
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 9
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 10
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 11
Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter 12
Menurut sang Arsitek, kunci keberhasilan rumah minimalis selebar tiga meter ini dalam menciptakan surkulasi yang mengalir begitu baiknya adalah dengan menghilangkan segala batasan secara visual antar ruang rumah kecuali pada kamar mandi dan ruang tidur. Sehingga pencahayaan serta penghawaan alami dari ujung bangunan dapat masuk kedalam interior rumah sampai ke ujung yang lainnya. Cukup sekian ulasan singkat dari Mstudiosolo mengenai rumah minimalis di lahan 3x21 meter, semoga bermafaat.

0 Response to "Rumah Minimalis di Lahan 3x21 Meter"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *