Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter

Rumah minimalis yang identik dengan fungsionalitas desain memang sangat disukai oleh masyarakat perkotaan, mengingat pengunaan lahannya yang efisien. Kondisi lahan pemukiman diperkotaan yang terus menyusut sedangkan permintaan yang terus meningkat, mengakibatkan lahan sempit yang dulunya tidak dilirik kini berubah jadi hunian. Bahkan saat ini hunian mungil justru lebih diminati oleh masyarakat karena biaya pembangunan serta perawatannya lebih murah. Apalagi jika rumah menerapkan gaya minimalis yang sangat efisien dalam memanfaatkan ruang. Maka lahan sempit pun bukanlah masalah lagi, justru bisa jadi potensi.

Jadi tak perlu khawatir lagi bagi Anda yang hendak membangun rumah diatas lahan sempit. Karena keterbatasan lahan tak akan jadi masalah/kelemahan jika diolah secara tepat. Lahan selebar 6 meter pun masih tetap nyaman ketika di dirikan sebuah bangunan rumah diatasnya. Sebagaimana rumah minimalis yang akan Mstudiosolo bahas pada kesempatan kali ini.
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter
Sebuah rumah minimalis 3 lantai berdiri di atas lahan seluas 126 meter persegi dengan lebar lahan 6 meter serta panjang 21 meter dan total luas bangunan 253 meter persegi. Dengan tipikal lahan memanjang kebelakang seperti ini, masalah utama yang perlu diperhatikan dalam proses perencanaan desain adalah bagaimana menciptakan sirkulasi yang baik didalam rumah. Baik itu sirkulasi aktivitas penghuninya, hubungan antar ruang, dan sirkulasi udara serta cahaya didalam rumah.

Demi menciptakan sirkulasi udara dan cahaya alami yang baik dalam rumah, dibuatlah 2 taman sebagai jalur sirkulasi udara dan cahaya alami. Pada bagian depan rumah secara penuh difungsikan sebagai carport yang dapat menampung 2 mobil. Di lihat dari arah depan, rumah terlihat begitu masif serta gersang akibat perkerasan pada seluruh permukaan lantai depan rumah. Fasad rumah menunjukkan identitas minimalis dengan bentuk kotak-kotak yang dipadukan garis-garis lurus dalam balutan warna hitam dan putih.

Secara sepintas rumah ini memang tidak terdapat teras pada bagian depan rumah. Dimana pintu utama rumah langsung berhubungan dengan carport. Teras rumah ini memang sengaja tidak diletakkan pada bagian depan rumah. Justru terasnya berada didalam rumah menyatu dengan ruang tamu yang berbatasan langsung dengan taman pada bagian samping rumah. Sekaligus berfungsi sebagai jalur masuknya udara dan cahaya alami bagi ruangan sekitarnya. Secara tampilan, taman mungil ini pun mampu menghadirkan suasana alam kedalam interior rumah. Di tengah-tengah rumah, antara breakfast area, dapur dan toilet terdapat taman dalam kecil yang membuka ruang keatas. Hal ini memungkinkan masuknya udara serta cahaya alami kedalam interior rumah.

Secara keseluruhan pada lantai satu maupun dua, sirkulasi antar ruang rumah tertata dengan baik, mampu menciptakan aliran sirkulasi yang optimal. Dengan meminimalisir batasan yang bersifat masif antar ruang rumah. Sebuah desain rumah minimalis karya Adx Architect yang patut Anda jadikan referensi sebelum membangun rumah minimalis Anda sendiri.

Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 1
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 2
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 3
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 4
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 5
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 6
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 7
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 8
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 9
Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter 10
[Photographs: ©Edward Hendricks]

0 Response to "Rumah Minimalis di Lahan 6x21 Meter"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *