Desain Rumah Di Lahan Berkontur

Membangun rumah di lahan berkontur adalah tantangan tersendiri bagi para arsitek. Sifat tanahnya tidak rata akan memancing para arsitek untuk membuat sebuah desain rumah dengan karakter unik menyesuaikan kondisi tapak. Jadi bagi Anda yang kebetulan memiliki lahan berkontur dan ingin membangun rumah diatasnya, janganlah buru-buru untuk meratakan semuanya dengan tanah uruk yang tentunya membutuhkan dana lebih.

Sebagai solusinya rumah dengan konsep split level dapat Anda terapkan. Split level sendiri adalah konsep peninggian bangunan setengah lantai, di mana terdapat satu setengah lantai yang menghubungkan antara lantai satu dan lantai dua. Dengan konsep split level yang memanfaatkan ketinggian lahan serta mengikuti kondisi kontur tanah tanpa harus banyak mengubah atau menguruk kondisi yang sudah ada. Sehingga akan menghemat biaya untuk meratkan lahan tersebut.

Sebagai contoh kasusnya marilah kita simak desain rumah di lahan berkontur karya dari Elodie Nourrigat & Jacques Brion Architects berikut ini. Sebuah rumah yang diberi judul Individual House ini dibangun diatas lahan miring dan curam yang terletak diarea hutan pinus Montferrier sur Lez, Prancis. Tantangan utama dalam merancang rumah ini adalah bagaimana menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pembentukan sebuah rumah. Ibarat dua sisi mata uang, kondisi lahan yang cukup terjal adalah sebuah kendala sekaligus potensi yang bagus dalam mengembangkan desain rumah yang lebih atraktif.
Desain Rumah Di Lahan Berkontur
Rumah dibagi menjadi tiga bagian utama dengan bentuk zig-zag mengkuti kontur tanah yang saling terhubung satu sama lain dalam satu garis lurus.Interkoneksi oleh entitas yang sederhana, menciptakan ruang baru yang memungkinkan terbentuknya teras dalam dan outdoor spaces. Disetiap ujung ketiga bagian utama rumah dibuat bukaan penuh berupa jendela kaca besar sebgai jalur masuknya cahaya dan udara alami. Untuk meminimalisir intensitas panas matahari serta menjaga privasi jendela dilindungi oleh tralis yang dapat dibuka dengan cara diputar. Selain itu juga menjadi unsur estetika rumah yang menambah manis fasad dengan irama garis-garis horisontalnya.
Membangun Rumah Di Lahan Berkontur
Permainan tangga zig-zagnya pada ekterior rumah yang dipadukan dengan warna kalem terlihat begitu cantik seolah mengikuti gerakan kontur lahan. Langgam bentuk minimalis rumah yang dibungkus dengan material batu alam terlihat begitu serari berdiri diatara pepohonan sekitar. Konsep modern yang diusung tidak serta merta membuat tampilan rumah menjadi begitu mencolok sehingga terlihat kontas dengan lingkungan sekitar.
Rumah Dengan Split Level
Rumah Di Lahan Berkontur
Rumah Di Tanah Miring
Rumah Di Lahan Miring

0 Response to "Desain Rumah Di Lahan Berkontur"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *