Masif Dari Luar Begitu Terbuka Di Dalam

Jika melihat tampilan fasad rumah yang satu ini pastilah semua akan menyimpulkan betapa tertutupnya  rumah tersebut layaknya sebuah benteng besar. Segala aktivitas didalamnya pun tak nampak sama sekali dari luar, seolah membatasi diri dari lingkungan sekitar. Namun semua anggapan itu perlahan gugur ketika masuk kedalam rumah. Karena didalamnya justru begitu terbuka dengan suasana yang ramah dan teduh. Berupa taman terbuka dengan tanaman hijaunya yang menjadi titik pusat dari rumah tersebut.
Masif Dari Luar Begitu Terbuka Di Dalam
Rumah yang terdiri dari dua lantai ini terletak di Zapopan, Jal, Mexico dengan luas lantai bangunan secara keseluruhan 413 meter persegi. Memiliki membentuk skema huruf L dimana taman sebagia pusatnya. Lantai satunya difungsikan sebagai area publik dan servis yang didalamnya terdiri dari beberapa ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur serta taman. Sedangkan pada lantai dua rumah dikhususkan untuk area privat yang terdiri dari 3 ruang tidur.
Desain Rumah Dengan Fasad Tertutup Namun Begitu Terbuka Di Dalamnya
Menurut sang arsitek dari tim CoA Arquitectura, di dalam mendesain rumah ini mereka memanfaatkan kondisi lahan yang tidak rata sebagai garasi setengah terkubur yang sekaligus mampu menciptakan perbadaan lavel diantara lantai rumah. Volume utama rumah dirancang dengan urutan spasial berbentuk kotak dimana dari pintu masuk dapat langsung menuju area taman dalam rumah. Berawal tepi jalan mengarah ke pintu masuk portico, yang memisahkan wilayah sosial melalui halaman dan jendela.
Tangga Rumah
Kisi-Kisi Kaca Sebagai Bukaan
Kisi-kisi besi yang ditutp dengan kaca transparan sebagai bukaan cahaya alami ke ruang tengah antara ke dua volume bangunan rumah yang berada tepat pada tangga utama rumah. Seolah membentuk garis cahaya pembelah bangunan utama rumah yang mengalir dari luar hingg masuk ke area taman dalam. Material alam seperti batu dan kayu mendominasi seluruh bagian dalam rumah sehingga tampak begitu serasi ketika bertemu dengan pepohonan yang ada di taman. Terlihat jauh berbeda dengan area depan rumah yang ditutupi dengan pagar besi sehingga kesan kaku dan tegaslah yang memuncul.
Ruang Makan Dan Dapur
Taman Dalam Rumah
Sebuah ruangan terbuka berada diantara rimbunnya pepohonan taman yang difungsikan sebagai ruang santai serta ruang makan dengan konsep menyatu dengan alam. Suasananya yang sejuk dan teduh yang membuat penghuni rumah merasa betah berlma-lama diarea ini. Beberapa lampu dipasang dibawah pohon sebagai penerang area taman ketika hari mulai gelap yang sekaligus mampu menciptakan atmosfer tersendiri didalamnya. Mengingat seluruh view ruangan rumah menghadap ke area ini, maka tidaklah mengherankan jika diberi perhatian khusus oleh sang arsitek.
Ruang Santai Rumah
Lampu Taman
Dari tim CoA Arquitectura pun mengungkapkan bahwa "vegetasi adalah elemen pokok dari rumah ini, karena mampu menghasilkan beragam atmosfer di setiap ruang, dan mencapai kemegahan terbesar di ruang utama rumah yaitu taman".
(Sumber: archdaily.com, Photographs: Francisco Gutiérrez Peregrina / Fábrica de arquitectura)

0 Response to "Masif Dari Luar Begitu Terbuka Di Dalam"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *