Memilih Kipas Angin Ruangan Rumah


Ketik Anda memutuskan untuk mengggunakan Ceiling fan atau Kipas langit-langit untuk ruangan rumah, ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih kipas angin yang cocok untuk ruanganrumah Anda. Kipas angin model seperti ini banyak digunakan karena tidak memakan space lantai ruang dan secara efisien mendinginkan seluruh ruangan. Lebih dari itu, kipas angin dapat menjadi salah satu elemen dekoratif di dalam sebuah ruangan. Untuk itulah, pilih salah satu yang sesuai dengan dekorasi dan fisik ruang Anda; kipas ini tidak seperti kipas lainnya, Anda tidak dapat memindahkannya setelah pemasangan. Sangat penting untuk mempertimbangkan sejumlah faktor dalam memilih ceiling fan, seperti kondisi-kondisi struktural. Jadi jangan sampai Anda salah pilih dalam menentukan elemen yang multifungsi ini, Untuk itu ada baiknya Anda mengikuti beberapa kiat di bawah ini
Memilih Kipas Angin Ruangan Rumah
ilustrasi oleh 100khouse.com
1. Alasan mengapa lebih memilih kipas agin dari pada Ac 
Hal pertama yang perlu Anda ketahu adalah kipas tidak menghasilkan udara dingin seperti AC. Kipas memutar udara dalam ruangan hal ini menjadi hal penting dalam mencegah Sick Building Syndrome di rumah dan membuat ruangan lebih berangin. Kipas juga menggunakan lebih sedikit energi listrik dibandingkan AC sehingga Anda bias menghemat tagihan listrik Anda.

Kipas langit-langit menjaga udara bergerak secara perlahan, namun efektif dalam sebuah ruangan, dan tidak tertiup langsung ke wajah Anda. Ditempatkan di atas arah penglihatan Anda, kipas-kipas ini tidak mengganggu karena hanya mengamb ruang di area yang tidak terpakai.

Saat ini, kipas langit-langit hadir dengan desain-desain yang fashionabl dan trendi, yang menyatu dengan hunian bergaya modern sekarang ini.

2. Sesuaikan Dengan Luas Ruangan
Anda mungkin telah menyukai model tertentu, namun sebelum membelinya, periksalah dahulu apakah itu cocok dengan hunian Anda. Sebaiknya, ukuran kipas langit-langit harus sebanding  dengan ukuran ruang rumah Anda.

Sebagai panduan, ruang-ruang kecil seperti ruang belajar dan dapur antara 9m² dan 15m² membutuhkan kipas dengan panjang bilah 1.1m sampai 1.4m. Ruangan besar seperti kamar tidur, ruang keluarga, dan ruang makan antara 15m² dan 28m² membutuhkan kipas dengan panjang bilah 1.4m hingga 1.5m.

Kipas juga harus dipasang di tengah ruangan, kecuali ruangan itu adalah ruangan yang besar, yang membutuhkan lebih dari satu kipas. Pastikan bahwa Anda memiliki jarak minimal 60cm dari ujung bilah kipas dengan dinding atau partisi apapun.

Penting pula untuk memastikan jarak antara kipas langit-langit Anda agar tidak tumpang tindih dengan cahaya lampu Anda.

3. Perhatihan Tinggi Ruangan
Kemudian, pertimbangkan tentang ruang vertikal. Untuk aliran udara yang baik, kipas langit-langit harus dipasang antara 2,5m sampai 3m di atas level finished-floor dan berat dari model yang Anda pilih tidak melebihi dari 6kg.

Di sisi lain, jika Anda memiliki langit-langit yang sangat tinggi, kipas langit-langit yang diperlukan adalah kipas yang lebih bertenaga, sehingga mengalirkan udara secara merata. Dalam hal ini, sebuah perpanjangan penggantung kipas merupakan solusi dalam mempertahankan jarak yang ideal antara kipas dan lantai untuk aliran udara yang baik. Karena kipas tersebut akan digantung di langit-langit, pastikan bahwa kipas tersebut bebas dari segala balok struktural, fitting, serta furnitur built-in.

Perlu diingat bahwa struktur langit-langit Anda harus bisa menopang beban tambahan dari kipas yang Anda inginkan. Bahkan saat Anda tidak ingin memasang kipas ini sekalipun ketika renovasi, akan sangat baik jika Anda menyediakan kabel listrik dan penunjang langit-langit. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak perlu memasang kabel kembali atau melakukan penyesuaian di langit-langit Anda pada masa mendatang.

4. Model Kipas Angin
Kipas langit-langit (ceiling fan) kini hadir dalam desain yang menarik dibandingkan dulu yang kurang beragam dalam hal gaya, sehingga Anda bisa mendapatkan keduanya yaitu kegunaan dan bentuk. Namun, pilihan bervariasi ini bergantung pada kebutuhan Anda, untuk estetika atau fitur teknis. Dengan berbagai macam kipas angin yang telah tersedia di pasaran, bukan tidak mungkin Anda bisa memasukkan kipas angin menjadi bagian dari dekorasi ruangan Anda. Anda bisa bereksperimen dengan memilih baling-baling kipas angin yang berwarna-warni. Sehingga, ketika kipas angin itu berputar, maka akan tercipta sebuah tampilan yang penuh warna dalam ruangan.

5. Perawatan Kipas Angin
Kipas angin memang sering terabaikan jadwal pemeliharaannya. Apa lagi ceiling fan, kipas angin yang menempel pada plafon seperti ini bukan barang yang mudah untuk dibersihkan karena letaknya yang susah dijangkau. Kipas langit-langit dari sebuah merek tepercaya dapat bertahan seumur hidup jika Anda memeliharanya dengan baik. Untuk membersihkannya gunakan penyemprot kipas pada vacuum cleaner Anda dan bersihkan setiap bilah dan mesin penggerak untuk menghapus semua debu. Atau, bersihkan debu dengan kain basah yang lembut lalu biarkan kering. Periksa debu di dalamnya, yang dapat merusak mesin dan menyebabkan keausan dini.

0 Response to "Memilih Kipas Angin Ruangan Rumah"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *