Menata Ruang Keluarga

Setiap keluarga pastilah mendambakan adanya ruang khusus didalam hunian mereka sebagai sarana berkumpul menghabiskan waktu bersama seluruh anggota keluarga. Sebuah ruang yang menjadi pusat kegiatan didalam hunian tersebut. Ruang yang menjadi tempat favorit bagi seluruh anggota keluarga untuk berkumpul bersama. Melakukan berbagai aktivitas seperti menonton TV bersama, bercengkerama ataupun sekadar ngobrol bersama.
Menata Ruang Keluarga
ilustrasi oleh: Lindsay Nichols Photography
Sebuah ruangan yang tak hanya sekedar sebagai tempat berkumpulnya penghuni rumah semata, namun juga dapat digunakan ketika ada sahabat maupun saudara yang berkunjung. Oleh karenanya ruang keluarga harus didesain sedemikian rupa sehingga tampilannya mampu menciptakan suasana yang nyaman serta ramah mengundang. Dengan harapan semua orang yang beraktivitas didalamnya akan merasa betah. Untuk itu kita perlu melakukan beberapa penataan terhadap ruang kelurga sebagai berikut:
Pertama-tama kita pilih furniture yang sesuai dengan tema serta luas ruangan. Misalnya saja sofa, jika ruang keluarga cukup luas kita dapat menempatkan sofa dengan ukuran besar yang memiliki tiga dudukan sehingga proporsi ruang terlihat lebih baik. Akan tetapi bila ruangan terbatas, sofa ukuran kecil dengan dua dudukan pun sudah cukup yang penting nyaman untuk diduduki. Cobalah memposisikan sofa menghadap ke arah pintu masuk atau area sirkulasi menuju ruang keluarga. Jika memang tidak memungkinkan, pastikan saja siapa pun yang ada di ruang keluarga bisa dengan mudah melihat pengunjung ruangan tersebut tanpa perlu memutar arah hadap badan. Sedangkan untuk furniture ataupun aksesoris lainnya bisa mengikuti penataan sofa yang telah dilakukan.
Yang kedua lakukan pemilihan warna, corak, dan bahan yang sesuai antara satu dengan lainnya agar tatanan yang harmonis dapat tercipta. Pemilihan warna dan corak yang bertabrakan sebaiknya dihindari karena tidak akan memberikan kenyamanan yang diinginkan. Karena pada dasarnya warna dapat membantu menciptakan suasana yang akrab dan hangat. Warna-warna cerah serta ringan seperti krem, salem, kuning muda dan kuning pastel dapat kita aplikasikan karena terbukti ampuh dalam menciptakan suasana santai.
Ketiga, tentukan pont of view/vocal point dari ruang keluarga tersebut. Vocal point ini bisa berupa barang, dinding ruangan ataupun salah satu sudut ruangan. Yang jelas mampu menjadi penarik perhatian pada ruang keluarga tersebut. Sehingga ketika ada teman atau saudara yang memasuki ruangan tersebut tanpa sadar akan langsung mengarahkan pandangannya pada area tersebut.
Sedangkan untuk yang terakhir dan tak kalah pentingnya dari ketiga hal diatas adalah bagaimana menciptakan sirkulasi udara serta pencahayaan yang nyaman didalamnya. Misalnya, berikan pencahayaan lampu yang nyaman di mata, serta mengatur suhu udara di ruangan tersebut menggunakan pendingin udara. Ataupun bisa juga dengan memanfatkaan pencahayaan dan penghawaan alami karena dirasa lebih nyaman dan menyehatkan, selain itu juga lebih hemat energi.

0 Response to "Menata Ruang Keluarga"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *