Partisi Ruang Yang Praktis dan Fungsional

Pembatas atar ruang rumah yang sifatnya masif dan permanen seperti dinding tentulah sudah direncanakan sejak pertama hunian akan dibangun. Namun terkadang seiring berjalannya waktu, Anda membutuhkan tambahan ruang tanpa terencana sehingga membutuhkan pembatas antar ruang tersebut. Pembatas antar ruang semacam sekat atau partisi yang sifatnya temporer tentulah sangat cocok untuk diaplikasikan. Kehadiran sekat atau partisi sama fungsinya seperti dinding yakni membedakan fungsi ruangan. Namun, batas ini tidak permanen, sehingga dapat diubah atau diganti ketika merasa bosan.
Partisi Ruang Yang Praktis dan Fungsional
Membatasi fungsi antar ruang dengan sekat atau partisi, otomatis dapat menciptakan privasi sendiri. Bandingkan dengan ruangan berkonsep terbuka, misalnya, ruang tamu dan ruang makan tanpa penyekatan. Pastinya, akan terasa kikuk saat aktivitas dilakukan bersama-sama di kedua ruangan. Secara psikologis, sekat akan menghadirkan rasa nyaman serta terlindungi.

Perkembangan desain mengakibatkan bentuk, jenis, material sekat makin beragam. Bahkan, sekat selain berfungsi membagi ruangan dapat dimaksimalkan sebagai elemen dekorasi ruangan. Sekat juga dapat menutupi desain atau bagian struktur yang terlihat kurang sesuai dengan tampilan ruang. Misalnya saja, kolom di sudut ruang dan area tangga, merupakan contoh bagian yang ingin ditutupi. Partisi jenis sketsel dapat membantu keluhan ini, dengan menutup lewat daun lipatannya.
sketsel
Folding door atau yang juga dikenal dengan istilah sketsel, terdiri dari dua jenis yakni yang menggunakan sistem lipat dan sistem lurus dengan dudukan kaki di bawahnya. Kriteria pembatas ruang di ruang pertemuan, berbeda dengan pembatas ruang rumah atau kantor. Untuk di hotel yang memiliki ruang tinggi, dibutuhkan folding door yang terbuat dari alumunium yang dilapisi oleh busa dan kain. Ini agar tiap ruang menjadi kedap suara dan tidak mengganggu ruang lainnya.

Sementara untuk di rumah lebih baik menggunakan folding door yang berbahan dasar kayu solid dengan lebar sekitar 50 sentimeter dan tinggi 1,75 meter. Folding door untuk di rumah biasa digunakan sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruang tengah atau meja makan sesuai dengan keinginan anda.

(Sumber: kompas.com-arkidea)

0 Response to "Partisi Ruang Yang Praktis dan Fungsional"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *