Membuat Kamar Mandi Gaya Jepang

Membuat Kamar Mandi Gaya Jepang
Upaya mendekorasi interior rumah baik itu hanya sekedar menata ulang ataupun merombak total tampilan secara keseluruhan, pastilah bisa menjadi pengalaman menarik yang membuat rumah Anda lebih menyenangkan untuk ditinggali. Hanya saja ini terkadang memaksa kita untuk merenung sejenak dan benar-benar berfikir bagaimana menuangkan ide maupun gagasan yang ada dibenak kita kedalam suatu media yang disebut interior. Akan sulit tentunya bagi Anda yang tidak terbiasa untuk dapat mengekspos hal-hal yang disukai kedalam bentuk tanatan interior rumah. Bahkan mungkin sedikit ragu apakah hasilnya akan sebagus imajinasi Anda. Yang jelas ini akan menjadi satu pengalaman baru yang menarik bagi Anda.

Dan salah satu cara terunik untuk menciptakan interior rumah dengan karakter yang jelas adalah dengan memasukkan unsur budaya kedalam desainnya. Maka dar itu, di sini kita akan mencoba memasukkan budaya Zen yang begitu tenang kedalam interior rumah Anda dalam wujud kamar mandi gaya jepang.

Kamar mandi sebagai ruangan rumah yang memiliki peranan begitu urgent dan akan selalu digunakan setiap harinya, tentu tidaklah mengherankan jika kini desain kamar mandi sudah berkembang begitu cepat mengikuti gaya hidup masyarakat. Tak terkecuali pinsip Zen yang dituangkan kedalam sebuah kamar mandi, bukan hanya sekedar efisiensi ruang belaka, namun lebih jauh dari itu bagaimana menciptakan suasana kamar mandi yang damai, tanang dan menyegarkan.

Setidaknya masyarakat jepang telah lebih dulu menerapkan prinsip Zen dalam kehidupan mereka sejak puluhan bagkan ratusan tahun yang lalu. Termasuk dalam tatanan kamar mandi mereka, hingga kini lazim disebut kamar mandi gaya jepang. Sebuah konsep kamar mandi yang dipercaya mampu menghadirkan ketenangan dan kedamaian didalamnya. Untuk itulah kami akan mencoba mendefinisikanya kedalam beberapa point penting yang dibutuhkan untuk membuat kamar mandi gaya jepang.

Interior Kamar Mandi Gaya Jepang
Dekorasi yang mengedepankan rasa
Seperti halnya taman gaya jepang, kamar mandi gaya jepang pun harus dibangun dengan mengedepankan unsur alam sebagai pembentuknya. Dimana elemen air, batu dan kayu sebagai elemen wajib yang harus ada pada ruangan tersebut. Tak cukup itu saja, untuk semakin menghidup suasana alami dalam ruanga kamar mandi bisa ditambahkan tanaman hijau seperti bambu hias ataupun bunga-bungaan dalam pot. Untuk penempatannya pun harus duperhitungkan secara matang. Letakkan pada area yang dirasa "kosong" susun dengan rapi, pastikan posisinya tidak mengganggu sirkulasi didalam kamar mandi. Cukup satu atau beberapa tanaman saja, tidak perlu banyak-banyak karena justru akan "membanjiri" tampilan ruangan. Dengan begini suasana alam yang damai dan menenangkan dapat tercipta didalam kamar mandi gaya jepang tersebut.

Dan yang tak kalah pentingnya dalam menciptakan atmosfer kamar mansi gaya jepang seperti ini adalah pencahayaan. Cahaya mampu menciptakan efek dramatis dalam kamar mandi secara visual sekaligus berdampak pada pembentukan "ruang psikologis" bagi penggunanya. Oleh karena itu pemilihan warna serta besaran lux lampu harus diperhitungkan secara matang. Ketika ingin menciptakan suasana kamar mandi gaya jepang yang menenangkan dan menyegarkan, maka warna lampu putih atau pun keemasan akan sangat membantu. Namun jangan juga sembarangan memilih lampu asal warna putih dan gold, lihat juga besaran lumen nya (nilai kecerahan cahaya) sesuaikan dengan kebutuhan lux kamar mandi tersebut (standarnya antara 50-100 lux). Tidak cukup sampai disini, jenis serta penempatan lampu juga harus diperhitungkan. Yang jadi acuannya adalah efektivitas dari cahaya lampu tersebut dalam menciptakan suasana kamar mandi, bukan sekedar meneranginya.

Penerapan skema warna dalam gaya kamar mandi Jepang juga harus dijaga dalam posisi yang netral atau alami tergantung pada preferensi Anda. Garis-garis lembut dengan nada ringan atau warna alami cukup baik dalam menciptakan suasana Zen di mana Anda dapat merasakan kedamaian dan ketenangan didalamnya.

Bila memungkinkan, elemen bambu dapat juga dimasukkan kedalam dekorasi kamar mandi gaya jepang tersebut, asalkan memiliki tujuan yang jelas. Seperti lantai bambu, trim ataupun tanaman bambu hias adalah beberapa fitur yang layak untuk dicoba. Bambu akan terlihat bagus dalam menggabungkan nuansa alami dengan modernitas ruangan kamar mandi. Selain itu, bambu juga termasuk sumber daya alam terbarukan (jumlah melimpah pertumbuhannya cepat) sehingga kamar mandi gaya jepag Anda tak hanya mengusung konsep Zen namun juga ramah lingkungan.

Desain Kamar Mandi Gaya Jepang
Ruang waktu dan ketenangan
Bila kita sering kali berfikir bahwa ruang kamar mandi di rumah sebagai tempat yang hanya digunakan sebentar, maka Jepang memiliki pandangan berbeda pada ruangan ini. Dalam budaya Jepang, kamar mandi adalah ruang untuk istirahat dan peremajaan dalam upaya menjaga kebersihan diri. Karenanya kamar mandi gaya jepang adalah suatu ruang dimana kita bisa berlama-lama didalamnya. Yang dibangun untuk dinikmati, bukan hanya sekedar efisiensi semata.

Salah satu ciri khas kamar mandi gaya jepang adalah adanya tempat berendam. Memang dalam budaya masyarakat jepang, mandi itu diartikan sebagai proses membersihkan diri yang diawali dengan berendam sambil relaksasi layaknya ditempat-tempat spa yang kita kenal saat ini. Maka dari itu adanya sarana untuk berendam didalam suatu kamar mandi gaya jepang wajib hukumnya. Entah itu berupa bathup ataupun kolam.

Minyak dan garam mandi sebagai pelengkap saat berendam harus tersedia bila Anda ingin membuat kamar mandi gaya jepang yang benar-benar otentik. Produk-produk relaksasasi lainnya seperti aroma terapi dapat juga dimasukkan kedalam dekorasi ruang kamar mandi dengan menatanya diatas ambalan dinding yang strimline dan simpel. Sehingga tak hanya berfamat sebagai produk relaksasi namun sekaligus mampu mempercantik tampilan kamar mandi gaya jepang Anda.

Kamar mandi bergaya Jepang juga harus memiliki suasana santai secara bunyi. Namun bukan berarti harus sunyi-senyap, suara-suara alam yang sifatnya menenangkan seperti kemericik air, kicauan burung ataupun daun dan ranting yang bergesekan dengan angin dapat dimasukkan kedalamnya. Sehingga Zen dalam kamar mandi gaya jepang tersebut dapat tercapai. Bila kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan untuk membentuk suara-suara alam seperti itu secara natural, Anda dapat mengakali dengan menambahkan perangkat musik kedalamnya. Namun ingat sebisa mungkin sembunyikan dari pandangan agar tidak mengganggu tampilan ruang kamar mandi Anda.

Kamar Mandi Modern Gaya Jepang
Higienis jadi pertimbangan
Kamar mandi gaya Jepang memiliki dua fokus yang jelas yaitu sebagai sarana relaksasi dan membersihkan diri. Perlu kita pahami bahwa ketika kedua fokus ini berada dalam satu konsep ruangan yang sama, budaya jepang memahami bahwa keduanya harus dipisahkan secara jelas. Dalam budaya masyarakat jepang, area relaksasi kamar mandi selalu dipartisi dengan berbagai bentuk yang dapat memisahkannya dengan area membersihkan diri.

Karena bathtub dipandang sebagai sarana untuk berendam, dan ini bukanlah area dimana kita dapat membersihkan diri (mandi), sehingga tidak akan kita temukan dalam ukuran besar seperti yang ada saat ini. Selain itu, toilet akan selalu ditemukan terpisah dari bak perendaman. Dalam banyak kasus, toilet ditempatkan dalam ruangan kecil terpisah yang dilengkapi dengan pintu.

Namun jika tidak memungkinkan untuk memisahkan toilet dalam ruangan tersendiri pada kamar mandi Anda, cukup dengan memberikan partisi padanya. Sehingga ada batasan yang jelas atara area memanjakan diri dan bersantai dengan area untuk membersihkan tubuh.

Kamar Mandi Khas Jepang
Detail halus yang membuat perbedaan
Keindahan kamar mandi bergaya Jepang dibentuk melalui detail-detail halus yang tersusun secara rapi. Jepang sebagai negara kepulauan seperti halnya Indonesia, tentu memiliki kebudayaan yang tidak jauh dari air. Sebagai hasilnya, budaya jepang banyak sekali mengadopsi unsur air kedalam hunian mereka. Seperti halnya banyak kamar mandi Jepang yang menggabungkan efek air atau air terjun dalam berbagai bentuk. Sebagai contoh, air mancur batu kecil di countertop kamar mandi tidak hanya menciptakan efek visual yang menyenangkan dan alami, tetapi sebagai upaya memasukkan suara alam kedalam ruang relaksasi Anda.

Dari segi estetik, Jepang juga cenderung fokus pada unsur batu. Apakah itu diatur dalam bentuk segaris ataupun di desain dalam bentuk lainnya yang lebih atraktif. Batu sebagai simbol baku alam, dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kamar mandi gaya Jepang Anda. Batu-batuan membuat tampilan backsplash yang menarik dan alami untuk countertop kamar mandi. Itu juga dapat ditambahkan pada wastafel untuk meminimalkan efek dari permukaan sintetis yang mungkin telah dipasang untuk tujuan meminimalisir biaya.

Tetap menjaga desain kamar mandi Anda dalam jalurnya (konsep Zen) akan mampu mewujudkan dekorasi kamar mandi gaya jepang yang otentik. Hindari item mencolok atau warna-warni seperti handuk berwarna mencolok atau gagang sikat gigi bergambar kartun. Sebaliknya, lebih baik pilih aksesoris dengan nada netral dan garis lembut untuk menjaga kesan tenangan dan kalem kamar mandi gaya jepang Anda.
Kamar Mandi Gaya Jepang

0 Response to "Membuat Kamar Mandi Gaya Jepang"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *