Menghidupkan Suasana Ruang Keluarga

Ruang keluarga sebagai salah satu ruang yang memiliki peranan cukup penting dalam suatu hunian tidaklah layak dibiarkan begitu saja ketika suasana didalamnya sudah mulai "kurang hidup". Tanpa kita sadari terkadang seiring berjalannya waktu sudah mulai jarang berkumpul bersama seluruh anggota keluarga dan lebih asyik dikamar masing-masing. Jika memang hal ini disebabkan karena suasana ruang keluarga yang sudah tidak kondusif lagi, maka dibutuhkan penyegaran didalamnya supaya suasana ruang keluarga kembali hidup. Lantas yang jadi pertanyaan adalah apa saja yang harus dilakukan?
Menghidupkan Suasana Ruang Keluarga
Menurut mstudiosolo setidaknya ada 5 hal yang dapat dilakukan untuk menghidupkan suasana ruang keluarga Anda. Namun sebelum jauh menginjak kesana perlu Anda ketahui terlebih dahulu peran ruang keluarga dalam suatu hunian. Ruang keluarga dapat bersifat semipublik ataupun publik tergantung bagaimana sang pemilik rumah dalam membuat batasannya. Secara umum ruang keluarga diperuntukkan bagi kehidupan keluarga yang menjunjung kebersamaan dan keintiman. Oleh karena itu, kesan informal dan santai menjadi lebih dominan. Untuk itulah kiranya 5 hal yang berikut ini mampu menghidupkan kembali ruang keluarga Anda.

1. Furniture
Sebagai ruang duduk dimana seluruh anggota keluarga berkumpul tentunya ruang keluarga membutuhkan sarana untuk mewadahi kegiatan tersebut. Maka peran furniture bagi ruang keluarga sangatlah penting. Furnitur utama yang harus ada adalah sofa. Anda bisa memilih dua atau tiga dudukan. Sofa L yang empuk bisa menjadi pilihan utama. Sofa L banyak dipilih karena bisa menampung lebih banyak orang. Jika ruangan tidak mencukupi untuk meletakkan sofa L, sofa dua dudukan (love seat) juga bisa menjadi pilihan. Lengkapi pula dengan sebuah coffee table untuk tempat menyajikan makanan kecil dan minuman.

2. Karpet
Siapkan karpet untuk mendukung kenyamanan ruang keluarga Anda. Karena biasanya anak-anak lebih suka duduk dibawah dibandingkan duduk diatas sofa. Di sisi lain, karpet juga dapat difungsikan sebagai area bagi anak-anak dan teman-temannya berkumpul dan bermain. Olehkarenanya, bila memungkinkan pilih karpet berukuran besar, sehingga selain menjadi pemanis ruang, karpet juga berfungsi sebagai area bermain, area duduk atau rebahan sehingga suasana ruang keluarga terasa lebih cair dan akrab.

3. Warna
Lakukan pemilihan warna, corak, dan bahan yang sesuai antara satu dengan lainnya agar tatanan yang harmonis dapat tercipta. Pemilihan warna dan corak yang bertabrakan sebaiknya dihindari karena tidak akan memberikan kenyamanan yang diinginkan. Warna-warna muda untuk ruang keluarga cocok untuk semua batasan umur, baik yang berjiwa muda ataupun yang sudah tua. Warna-warna hangat dan lembut dapat diaplikasikan pada ruang keluarga, sehingga penghuni rumah merasa lebih santai, nyaman, dan akrab.

4. View
Salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan ketika berlama-lama melakukan aktivitas dalam suatu ruangan adalah dengan menghadirkan pemandangan alam kedalamnya. Inipun bisa terapkan pada ruang keluarga Anda. Dengan cara membuka langsung view dari ruang keluarga ke arah taman ataupun lingkungan luar misalnya. Jika hal ini tidak memungkinkan, Anda bisa memasukkan beberapa elemen alam kedalam ruang keluarga seperti tanaman hijau ataupun air terjun didinding sehingga suasana segar dan nyaman dapat tercipta. 

6. Media
Untuk semakin menghidupkan suasana ruang keluarga Anda, bisa ditambahkan perangkat entertaiment. Bila perlu, letakkan juga seperangkat home theater dan stereo set sebagai pendukungnya. Dengan begitu, ruang ini juga bisa berfungsi sebagai tempat karaoke keluarga yang nyaman.

1 Response to "Menghidupkan Suasana Ruang Keluarga"

  1. Desain Templatenya Sangat Bagus, Artiklenya juga. Nilai A untuk Web Site Agan

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *