5 Unsur Penunjang Ruang Tamu Tampil Mewah

Memang benar adanya, jika kegiatan menghias ruangan rumah tidak memiliki aturan yang baku. Namun dengan sedikit pengetahuan pastinya memudahkan kita untuk membuat perencanaan. Paling penting di tahap awal adalah menentukan gaya dekorasi yang akan diaplikasikan.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengetengahkan unsur mewah dalam penataan ruang. Ya, penerapan unsur mewah bukan hanya milik orang kelas atas atau hanya sesuai jika diterapkan pada rumah besar saja. Semua orang bisa menerapkan unsur ini selama ada keinginan dan sesuai kemampuan kantong yang ada.

Pastilah bohong kalau tidak ada sedikitpun pun keinginan untuk memiliki ruang tamu dengan gaya super mewah seperti di rumah para taipan timur-tengah maupun selebriti hollywood misalnya. Anda mungkin tidak mampu menyediakan ruang sebegitu megah dengan sekejap sebagaimana orang-orang dengan budget berlimpah, tapi setidaknya Anda pernah dengar peribahasa "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit "? Maknanya kalau kemampuan terbatas buatlah bertahap, sedikit demi sedikit sampai akhirnya kita berhasil menyempurnakan gaya dekorasi mewah yang diimpikan.

5 Unsur Penunjang Ruang Tamu Tampil Mewah

Unsur Utama
Ada lima unsur utama yang sering disorot untuk membangkitkan gaya mewah, yaitu furnitur, kemasan lembut berupa gorden, karpet dan taplak meja serta perhiasan. Kata kunci disini adalah eksklusif. Bahkan antik juga termasuk dalam kategori mewah karena harganya ada yang mencapai sampai puluhan dan ratusan juta! 

Furniture
Padu, kokoh dan berkualitas adalah syarat dalam memilih furniture baik itu yang berbahan dasar dari kayu maupun logam. Sofa jok dari kain bercorak klasik dan kulit juga tidak kalah pentingnya dalam menciptakan kesan mewah pada ruang tamu Anda.

Desain bukanlah penyumbang utama meskipun ada peran dalam memberikan daya tarik. Anda bisa pilih apakah desain ringkas, sarat berukir atau unik, tetapi yang penting adalah tampilannya harus halus dan berkualitas.

Warna memainkan faktor penting dalam membawakan unsur mewah. Dan warna elegan adalah pilihan yang tepat.

Warna elegan ini asalnya dari rona batu permata seperti berlian, rubi, zamrud, safir di samping emas, perak, perunggu dan tembaga. Warna-warna ini melambangkan keagungan, kemewahan, kehalusan dan ketenaran.

Furnitur karya desainer terkemuka dunia turut memicu unsur mewah yang diketengahkan. Diantara nama yang populer adalah Thomas Affleck, Mario Bellini, Thomas Chippendale, John Cobb, George Hepplewhite, Philip Starke, Katie Walker, Karim Rashid, Isamu Noguchi dan IM Pei. 

Gorden
Gaya tidak banyak berperan sebaliknya imej mewah gorden ditampilkan melalui jenis kain yang digunakan, diantaranya jacquard tebal polos atau bercorak, sutra, beludru yang berat dan bergelombang, renda Prancis dll.

Lebih tebal dan berat jenis kain yang digunakan akan lebih baik karena dapat mempertahankan bentuk gorden ketika dipasang. Pilih permukaan kain yang lembut dengan pola sederhana, tapi menawan. 

Permadani
Sudah tentulah karpet sutra Persia adalah pilihan terbaik untuk menampilkan imej mewah pada ruang tamu Anda. Selain rapi dan halus garapannya coraknya pun terlihat menawan. 

Alas Meja
Penggunaan runner yang menutupi sepanjang bagian tengah meja lebih tepat dibandingkan taplak meja yang menutupi meja sepenuhnya.

Namun jika Anda bersikeras untuk menggunakan taplak meja yang menutup seluruh permukaan meja, gunakan lah dua lapis taplak meja agar terlihat lebih elegan. Satu taplak menutup seluruh permukaan meja dan satu lagi lebih kecil berbentuk segi empat dibentangkan secara diagonal di bagian tengah meja.

Kain tenun dan renda jenis sutra adalah beberapa pilihan populer. Biasanya pola polos lebih baik, tetapi kalau Anda lebih menyukai model yang bercorak maka pastikan warna dan coraknya serasi dengan tampilan unsur lain di ruang tamu tersebut. 

Perhiasan
Merek memainkan peran penting di sini namun jangan sampai terobsesi. Tidak semestinya Anda perlu menyoroti yang khusus saja, sebaliknya bisa juga Anda padu padankan dengan perhiasan tanpa merek.

Nama-nama seperti Lalique, Hermes, Versace, Royal Doulton, Portmeirion, Elle, FABERGE, Swarovski dll. adalah beberapa merek perhiasan terkemuka yang menjadi incaran banyak orang.

(Sumber: Anjungseri)

0 Response to "5 Unsur Penunjang Ruang Tamu Tampil Mewah"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *