Beton Transparan Mengubah Persepsi Kita Terhadap Dinding Rumah

Beton yang memiliki peran begitu penting dalam struktur suatu rumah secara umum memang tak luput dari perkembangan teknologi yang terus berupaya menciptakan inovasi baru. Salah satu inovasi cukup menarik adalah terciptanya beton transparan yang serta merta dapat mengubah persepsi kita sebagai orang awam mengenai beton. Jika biasanya dinding beton pada suatu bangunan bersifat tertutup sehingga membuat ruangan didalamnya begitu gelap. Maka bayangan kita mengenai dinding beton yang seperti itu tidaklah berlaku ketika Anda melihat beberapa contoh beton transparan berikut ini.

Beton Transparan Mengubah Persepsi Kita Terhadap Dinding Rumah
Dinding Beton Transparan

Yang jadi pertanyaan adalah apa yang menyebabkan beton ini bisa terlihat transparan? Satu hal yang menyebabkan beton-beton ini dapat meneruskan cahaya (tembus cahaya) dikarenakan adanya fiber optic yang dicampurkan kedalam material pembuatnnya. Jika biasanya adonan beton terdiri dari campuran antara material semen, pasir, kerikil dan air dengan takaran tertentu. Misalnya saja untuk membuat beton K-175 dibutuhkan komposisi semen:pasir:kerikil adalah 1:2:3. Maka Untuk membuat beton transparan ini ditambahkan material fiber optic kedalamnya dengan takaran dan teknik pembuatan yang masih dirahasiakan oleh perusahaan.

Material Beton Tranparan
Model Beton Transparan

Sebenarnya beton transparan ini bukanlah hal yang baru didunia inovasi material bangunan. Karena gagasan untuk membuat beton transparan sudah muncul sejak tahun 1935, hanya saja kala itu pengembangannya masih terbatas mengingat teknologi fiber optic belum seperti sekarang. Dan untuk saat ini sudah ada beberapa perusahan asal jerman dan hungaria yang sudah memproduksinya. Bahkan ada beberapa bangunan yang sudah mengaplikasikan beton transparan ini sebagaimana yang terlihat pada gambar.

Beton Transparan
Dinding Transparan
Pasangan Beton Transparan Untuk Dinding

Karena beton transparan ini dapat dikategorikan sebagai beton pabrikasi atau beton precast maka ukuran dan modelnya pun masih terbatas untuk saat ini. Namun jika hanya untuk sekedar menutup dinding ekterior maupun interior rumah sudah lebih dari cukup. Melihat modelnya sekilas memang mirip dengan hebel (bata ringan) yang sudah sering kita jumpai. Permukaannya halus dan lebi ringan dari beton pada umumnya. Jika Anda merasa harga hebel dipasaran saat ini sudah termasuk mahal, maka beton transparan ini jauh lebih mahal dari hebel bahkan berkali-lipat.

Bangunan Dengan Dinding Beton Transparan
Partisi Dinding Beton Transparan Interior Kantor

0 Response to "Beton Transparan Mengubah Persepsi Kita Terhadap Dinding Rumah"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *