4 Cara Mudah Membersihkan Garasi

Membersihkan rumah memang terkadang bukan aktifitas yang Anda sukai. Namun, siapa yang tak ingin melihat rumah atau ruangan yang tampak bersih dan tertata rapi? Tentu semua menginginkannya termasuk Anda sekalian. Tidak terkecuali ruang garasi dirumah Anda yang juga membutuhkan perawatan secara rutin.

4 Cara Mudah Membersihkan Garasi

Selain menjadi tempat parkir kendaraan, garasi juga dapat berfungsi sebagai ruang penyimpanan misalnya pemotong rumput, perkakas tanaman, peralatan dari kayu, dan bahkan perabotan dapur yang jarang digunakan. Sayangnya, garasi sering dibiarkan begitu saja tanpa pembersihan secara teratur dan pemeliharaan seperti yang Anda berikan pada interior rumah. Hal ini dapat menyebabkan beberapa persoalan serius, mulai dari kekacauan, hingga menumpuknya sampah dan kotoran.

Jika dibiarkan terlalu lama tanpa pembersihan yang baik, garasi Anda bahkan bisa menimbulkan bahaya keamanan. Dengan 4 langkah mudah membersihkan garasi dibawah ini, Anda dapat mengubah garasi menjadi lebih terorganisasi, dan rapi sepanjang tahun.

1. Keluarkan semua barang
Garasi biasanya menyimpan berbagai item yang tidak muat di dalam rumah, mulai dari perangkat keras dan peralatan berkebun, hingga peralatan berkemah atau peralatan olahraga.

Langkah pertama supaya garasi tidak berantakan, Anda harus memisahkan barang-barang dan memutuskan barang mana yang bisa disingkirkan.

Mulailah dengan mengeluarkan semua barang dari garasi. Kelompokkan barang-barang tersebut menjadi tiga yaitu tumpukkan barang yang akan disimpan, tumpukan sampah, dan tumpukan yang bisa disumbangkan kepada orang lain.

Jika item yang Anda miliki dalam tumpukan sumbangan cukup banyak, mungkin sudah saatnya Anda menggelar garage sale. Namun, jika waktu Anda untuk menggelar garage sale tidak tersedia, Anda bisa memposting item untuk dijual di situs jual beli daring.

2. Membersihkan barang-barang
Item yang disimpan di garasi sangat mudah berdebu dan kotor. Sekarang, waktunya Anda untuk membersihkan barang-barang ini secara menyeluruh.

Dengan menggunakan selang air, Anda bisa menyiram alat-alat kebun, tong sampah dan peralatan lainnya. Lakukan hal ini saat barang-barang masih berada di luar garasi. Anda juga bisa bilas sepeda, sepatu hujan dan peralatan olahraga yang sudah kotor. Biarkan hingga kering.

Periksa mesin pemotong rumput apakah membutuhkan pemeliharaan rutin. Perlu diingat, alat berkebun Anda perlu dibersihkan dan diasah sebelum disimpan kembali.

3. Menyikat garasi
Setelah barang-barang dikeluarkan dari garasi, saatnya untuk membersihkan garasi itu sendiri. Pastikan menggosok setiap sudut dan celah, serta menyikat lantai secara menyeluruh untuk mencegah kotoran atau bahkan bekas tanah menempel di sana.

Gunakan sapu untuk menghilangkan jaring laba-laba dan kotoran di dinding. Usap bawah rak dengan kain lembab. Kemudian, gunakan sapu besar untuk menyapu dari sudut terjauh hingga keluar garasi.

Mendapati tempat dengan minyak membandel? Untuk menyingkirkannya Anda bisa menuangkan serbuk gergaji atau pasir untuk kotoran kucing Anda. Berikutnya, tuangkan degreaser dan diamkan selama lima belas menit. Terakhir, gosok tempat tersebut dengan sikat atau kain, kemudian bilas dan keringkan.

Untuk menyikat lantai, gunakan campuran larutan pembersih lantai dengan seember air dan tuangkan di atas lantai. Gunakan sikat yang kaku untuk menggosok lantai, dan kemudian bilas bersih dengan selang.

4. Mengatur garasi
Jangan hanya melemparkan segalanya kembali ke garasi. Sebaliknya, atur barang-barang untuk membuatnya tetap rapi sepanjang tahun. Jika perlu gunakan boks plastik transparan untuk memudahkan Anda menemukan item tanpa harus menggeledah.

Isi boks tersebut dengan aksesori hewan peliharaan, peralatan olahraga, dekorasi rumah, peralatan berkemah, peralatan rumah tangga, dan barang-barang lainnya. Terakhir, tempelkan label yang sesuai.

Untuk cat, cairan otomotif, dan bahan kimia berbahaya lainnya harus disimpan di rak yang tinggi atau di belakang lemari yang terkunci supaya aman dari jangkauan anak-anak. Gunakan kait untuk menggantung alat besar seperti peralatan berkebun dan sepeda.

(Sumber: Kompas)

0 Response to "4 Cara Mudah Membersihkan Garasi"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Contact Form

Name

Email *

Message *