Tanaman Hias Sebagai Pembersih Udara Ruangan Rumah

Rumah adalah tempat di mana seluruh anggota keluarga berkumpul. Sebuah rumah seharusnya menjadi tempat yang nyaman. Namun, bagaimana jika ruang pada rumah terasa tidak nyaman karena ada polusi-polusi yang mengganggu? Tentu tidak menyenangkan, bukan? Jadi, artikel kali ini akan membahas beberapa tanaman yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan ini.

1. Spider Plant
Spider Plant
Tanaman ini adalah tanaman dengan daun panjang berumput yang tumbuh dengan cepat. Tanaman ini dapat diletakkan di dalam ruangan untuk menyerap polusi dan zat polutan lainnya. Tanaman Spider Plant dapat menghilangkan kadar karbonmonoksida dan nitrogen yang ada dalam ruangan dalam waktu 24 jam.

2. Pakis Boston
Pakis Boston
Pakis Boston adalah tanaman yang menarik bentuknya dan bentuknya pun terlihat bagus. Anda dapat meletakkan tanaman pakis boston ini pada sudut ruangan atau menggantungnya. Pakis boston ini dapat digunakan sebagai humidifier alami karena dapat menghilangkan polutan udara yang umum seperti benzena, formaldehida, dan xilena dengan lebih cepat.

3. Lidah Mertua
Lidah Mertua
Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan Sansevieria. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyerap amonia, formaldehida, dan nitrogen oksida. Tanaman ini dianggap aman untuk diletakkan di kamar tidur karena dapat mempertahankan jumlah oksigen dalam kamar. Tanaman Lidah Mertua ini juga dapat menyerap radiasi  yang berasal dari benda-benda elektronik.

4. Palem Kuning
Palem Kuning
Palem Kuning berfungsi sebagai pembersih udara alami, dan menghilangkan formaldehida, benzena, serta karbondioksida. Tanaman ini sangat baik untuk menyerap racun dari asap rokok. Anda dapat menanamnya disebuah pot dan meletakkannya di dalam ruangan. Selain dapat menyerap racun, palem kuning juga dapat menyerap radiasi berbahaya yang berasal dari benda elektronik.

5. Anggrek Bulan
Anggrek Bulan
Anggrek bulan ini berfungsi membersihkan udara dari xilena, xilena sendiri merupakan polutan yang banyak terkandung dalam lem dan cat. Sehingga tanaman anggrek ini sangat baik diletakkan pada ruang yang baru saja direnovasi atau dicat. Tak seperti tanaman lain yang mengeluarkan CO2, anggrek mengeluarkan oksigen pada malam hari.

6. Karet Hias
Karet Hias
Tanaman karet hias ini sangat ampuh dalam menangani formalin dan mentoleril temperatur yang lebih dingin serta sinar yang rendah. Tanaman karet hias ini dapat melembabkan ruang dan menghilangkan racun-racun kimia ada pada udara. Perawatan tanaman ini juga terbilang cukup mudah, cukup dengan menyiramnya saja.

7. Aster Garbera
Aster Garbera
Bunga Aster Garbera merupakan tanaman yang paling efektif dalam menghilangkan toxin pada udara dan sebagai pembersih udara. Bunga ini sangat cocok bagi yang memiliki gangguan pernafasan ketika tidur karena bugna ini dapat menghasilkan oksigen yang sangat banyak dan dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak.

8. English Ivy
English Ivy
Tanaman ini tumbuh merambat dan dapat membersihkan hawa yang berbentuk formaldehida. Tanaman English Ivy ini biasanya digantung. Selain dapat menghilangkan racun yang ada pada udara, English Ivy juga merupakan solusi bagi penderita alergi dan asma. Perawatan English Ivy ini sangat mudah, cukup dengan menyiram tanaman ini tiap hari.

Tanaman-tanaman hias di atas dapat membantu anda untuk membersihkan udara ruang di rumah anda. Mengingat banyaknya zat kimia yang mungkin ada diudara rumah anda. Terlebih jika anda memiliki anak di rumah tentunya tanaman-tanaman hias di atas akan sangat membantu. Jika udara di rumah anda bersih, tentunya akan terasa lebih nyaman, bukan?

Teks oleh Tania Kausalya Jirajaya
Gambar: berbagai sumber

0 Response to "Tanaman Hias Sebagai Pembersih Udara Ruangan Rumah"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda disini. Mohon maaf jika komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *